Polisi Malaysia Serahkan Berkas Penyelidikan Zakir Naik ke Jaksa Agung

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 02 Sep 2019 15:14 WIB
Zakir Naik saat tiba di markas Kepolisian Diraja Malaysia untuk menjalani pemeriksaan pada 16 Agustus lalu (AP Photo)

Ditambahkan Huzir Mohamed bahwa pihak kepolisian juga menyelidiki pernyataan lima individu lainnya yang memicu kemarahan publik terhadap Zakir Naik. "Kami telah mencatat keterangan beberapa orang. Kami akan meneruskan dokumen penyelidikan ke Kantor AG dan kami akan menunggu keputusan mereka," tandasnya.

Dalam kasus ini, Zakir Naik yang diselidiki atas dugaan pelanggaran terhadap pasal 504 UU Pidana Malaysia, terancam hukuman maksimum dua tahun penjara, atau hukuman denda, atau keduanya jika terbukti bersalah.


Zakir Naik telah meminta maaf atas kesalahpahaman yang ditimbulkan dari komentar-komentarnya, namun dia tetap menegaskan komentarnya dikutip secara keliru dan diambil keluar konteks serta direkayasa pihak-pihak tertentu. Beberapa waktu lalu, otoritas Malaysia melarang Zakir Naik menyampaikan pidato dan ceramah, juga melarangnya berbicara di semua platform termasuk media sosial, hingga penyelidikan kepolisian atas dirinya selesai.

Zakir Naik diketahui memegang status permanent resident di Malaysia beberapa tahun terakhir. Di negara asalnya, India, Zakir Naik diburu terkait kasus pencucian uang dan ujaran kebencian. Publik Malaysia tidak hanya menyerukan Zakir Naik dideportasi, tapi juga meminta pemerintah Malaysia untuk mencabut status permanent resident yang dipegangnya, usai komentar kontroversial tersebut menuai polemik.


(nvc/ita)