detikNews
2019/09/01 13:37:24 WIB

Presiden Jerman Meminta Maaf Atas Kejahatan Nazi di Polandia

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 3
Presiden Jerman Meminta Maaf Atas Kejahatan Nazi di Polandia Foto: Serangan Hitler di Polandia pada 1 September 1930. (AFP Photo/-)
Wielun, Polandia - Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier meminta maaf kepada Polandia atas kejahatan Nazi di Polandia. Permintaan maaf itu disampaikan Steinmeier dalam upacara jelang peringatan 80 tahun Perang Dunia II.

"Aku menundukkan kepalaku di depan para korban serangan terhadap Wielun. Aku menundukkan kepalaku di depan para korban Polandia dari tirani Jerman. Dan aku meminta maaf," kata Steinmeier dalam bahasa Jerman dan Polandia, sebagaimana dilansir AFP, Minggu (1/9/2019).

Steinmeier menyampaikannya dalam upacara yang digelar di Kota Wielun, Polandia. Dia mengakui Jerman telah melakukan kejahatan kemanusiaan di Polandia saat itu.


Selama Perang Dunia II, Polandia pernah mengalami kengerian terburuk dalam sejarahnya. Hampir enam juta orang Polandia tewas dalam perang yang menewaskan lebih dari 50 juta orang secara keseluruhan. Angka itu termasuk enam juta orang Yahudi yang tewas dalam Holocaust. Setengah dari mereka adalah orang Polandia.

"Adalah Jerman yang melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan di Polandia. Siapa pun yang mengklaim itu sudah berakhir, bahwa pemerintahan teror-sosialis nasional atas Eropa adalah peristiwa kecil dalam sejarah, Jerman menilai itu untuk dirinya sendiri," kata Steinmeier.

"Kami tidak akan pernah lupa. Kami ingin mengingat dan kami akan mengingat," imbuh Steinmeier.


Sementara itu, Presiden Polandia Andrzej Duda mengecam serangan Nazi Jerman terhadap Polandia. Dia menyebut peristiwa itu sebagai 'tindakan kebiadaban' dan 'kejahatan perang'.

"Saya yakin bahwa upacara ini akan tercatat dalam sejarah persahabatan Polandia-Jerman," kata Duda sembari berterima kasih kepada Steinmeier atas kehadirannya dalam upacara tersebut.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com