detikNews
Sabtu 24 Agustus 2019, 03:23 WIB

Seorang Remaja Tewas dalam Ledakan di Tepi Barat Israel

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Seorang Remaja Tewas dalam Ledakan di Tepi Barat Israel Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Tepi Barat - Seorang remaja Israel tewas akibat ledakan bom yang terjadi di dekat permukiman Israel di wilayah Tepi Barat. Pejabat Israel menyebut ayah dan saudara laki-laki remaja tersebut juga menderita luka-luka.

Dilansir dari Reuters, Jumat (23/8/2019), pihak militer dan paramedis Israel mengatakan keluarga itu tengah mengunjungi sebuah mata air di daerah pendakian yang populer ketika improvised explosive device (IED) meledak. Mereka mengatakan ledakan tersebut merupakan serangan teror meski tak jelas apakah alat itu telah ditanam terlebih dahulu atau dibuang.


Layanan ambulans Israel, Magen David Adom, mengkonfirmasi bahwa Rina Shnerb (17) telah meninggal dunia di tempat kejadian, sementara ayah dan saudara lelakinya--yang dinamai oleh media Israel sebagai Rabi David Eitan (46) dan Dvir (21)--berada dalam kondisi kritis.

Kerumunan besar pelayat pun tampak berkumpul pada Jumat (23/8) untuk pemakaman remaja tersebut di kota asalnya, Lod. Jasad remaja itu ditutupi kain putih yang dihiasi simbol Star of David.

"Ini gila, semua yang terjadi di sini. Saya masih tidak percaya. Baru kemarin kamu di sini, ceria seperti biasa, kamu bahagia dan membuat semua orang bahagia, seperti yang selalu kamu lakukan," kata saudara perempuan Shnerb, Tamar.


Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan belasungkawa kepada pihak keluarga. Ia mengatakan pasukan keamanan tengah mengejar para penyerang.

"Lengan panjang Israel menjangkau semua orang yang mencari kehidupan kami. Kami akan terus memperkuat permukiman. Kami akan memperdalam akar kami dan menyerang musuh-musuh kami," ujar Netanyahu.

Sebelumnya, sebuah ledakan terjadi di dekat permukiman Israel di wilayah Tepi Barat hari ini. Tiga orang dilaporkan luka-luka akibat ledakan tersebut.

Paramedis dan militer Israel menyatakan, ledakan tersebut merupakan serangan teror.

"Laporan awal -- sebuah laporan diterima menyangkut serangan teror di dekat permukiman Israel, Dolev, barat laut Ramallah," demikian pernyataan militer Israel seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (23/8).
(azr/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com