detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 04:31 WIB

Orang Tua Antivaksin di Ukraina Demo Anaknya Diancam Tak Bisa Sekolah

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Orang Tua Antivaksin di Ukraina Demo Anaknya Diancam Tak Bisa Sekolah Foto: AFP PHOTO/ GENYA SAVILOV
Kiev - Pemerintah Ukraina mengancam akan melarang anak-anak yang tidak divaksinasi mendaftar sekolah. Wacana tersebut ditentang sekitar 200 pendemo di Kiev, Ukraina.

"Saya datang ke sini bersama anak saya untuk melindungi haknya atas pendidikan tanpa vaksinasi, tanpa menyuntikkan racun ke dalam darahnya," kata salah satu pendemo Iryna Lazutkina (29), seperti dilansir AFP, Jumat (23/8/2019).



Wacana larangan anak yang tidak vaksin mendaftar sekolah karena adanya wabah campak. Ukraina diketahui sebagai salah satu negara dengan tingkat vaksinasi terendah di Eropa.

Terdapat 57.000 kasus campak sejak awal tahun. 18 kasus berujung pada kematian.

Wacana larangan sekolah sudah dilontarkan sejak pertengahan Agustus 2019. kementerian Kesehatan Ukraina sudah mempreringatkan adanya wabah difteri dan tetanus akibat tingkat vaksinasi yang rendah.

Pendemo bersikeras mereka memiliki hak untuk menolak vaksinasi. Menurutnya, larangan masuk sekolah merupakan diskriminasi.

"Saya bebas memilih dan menentang diskriminasi," kata Alla Fedorchuk (25).

Menurut survei UNICEF, Ukraina kemungkinan besar akan menunda vaksin karena takut akan efek samping atau ketidakpercayaan pabrik. Ada kekhawatiran yang berkembang atas resistensi publik global terhadap vaksinasi.




Tonton juga video Indonesia Kirim Vaksin Polio Ke Afrika:

[Gambas:Video 20detik]


Orang Tua Antivaksin di Ukraina Demo Anaknya Diancam Tak Bisa Sekolah

(fdu/fai)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com