detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 19:24 WIB

Bus Terjun ke Jurang Sedalam 30 Meter di Laos, 13 Turis China Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Bus Terjun ke Jurang Sedalam 30 Meter di Laos, 13 Turis China Tewas Ilustrasi (Thinkstock)
Vientiane - Sedikitnya 13 turis asal China tewas setelah bus yang mereka tumpangi tergelincir dan terjun ke jurang sedalam 30 meter di Laos. Puluhan orang lainnya luka-luka dalam insiden ini.

Seperti dilansir AFP, Selasa (20/8/2019), bus yang membawa lebih dari 40 warga negara China itu sedang melaju ke kota wisata di wilayah Luang Prabang, saat kecelakaan ini terjadi pada Senin (19/8) malam waktu setempat.

"Hingga saat ini, 13 jenazah telah ditemukan ... sementara dua lainnya masih hilang," tutur pejabat kepolisian setempat, Xaiyaphon Chitavong, kepada AFP.


Chitavong menambahkan bahwa sekitar 31 orang lainnya mengalami luka-luka dan kini mendapatkan perawatan medis.

Penyebab kecelakaan ini masih diselidiki. Namun Chitavong menyalahkan rem blong sebagai penyebab kecelakaan itu.

Laporan media-media China menunjukkan foto-foto petugas penyelamat berjalan melewati genangan air sembari mengevakuasi korban. Kecelakaan ini terjadi saat musim penghujan tiba yang sering memicu banjir di kawasan tersebut.


Kecelakaan lalu lintas semacam ini cukup sering terjadi di Laos, dengan aturan keselamatan berkendara seringkali diremehkan dan penegakan hukum sangat lemah.

Musim penghujan yang melanda antara bulan Juni-Oktober seringkali memicu genangan di ruas jalanan di wilayah pedesaan yang membuat jalanan licin.


(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com