Bikin Publik New York Takut, Gelandangan 'Rice Cooker' Diangkut

Round-Up

Bikin Publik New York Takut, Gelandangan 'Rice Cooker' Diangkut

Tim detikcom - detikNews
Senin, 19 Agu 2019 20:00 WIB
Foto: Polisi New York mengevakuasi rice cooker yang sempat menggegerkan publik (AP Photo/Kevin Hagen)
Foto: Polisi New York mengevakuasi rice cooker yang sempat menggegerkan publik (AP Photo/Kevin Hagen)
New York - Publik New York digegerkan dengan ulah gelandangan. Bermodalkan tiga rice cooker, sang gelandangan 'berhasil' bikin takut publik New York sebelum kemudian diangkut.

Adalah Larry K Griffin II, pemuda berusia 26 tahun yang ditangkap oleh Kepolisian New York (NYPD) pada Sabtu (17/8) waktu setempat terkait rice cooker kosong itu. Seperti dilansir AFP, Senin (19/8/2019), dia dijerat tiga dakwaan meletakkan bom palsu. Bagaimana kasusnya?

Kehebohan sempat menyelimuti New York pada Jumat (16/8) waktu setempat, dengan peringatan waspada diberlakukan selama dua jam saat jam-jam sibuk pagi hari.


Alarm pertama diaktifkan sekitar pukul 07.00 waktu setempat ketika seorang penumpang melihat satu benda mencurigakan ditinggalkan begitu saja di stasiun kereta bawah tanah Fulton Street, tepatnya di dekat World Trade Center -- area yang dibangun kembali usai tragedi 11 September 2001.

Benda mencurigakan kedua ditemukan di stasiun yang sama, namun di lokasi berbeda. Sebagai pencegahan, seisi stasiun pun dievakuasi dengan cepat. Layanan kereta bawah tanah pada dua jalur dihentikan sementara dengan sejumlah rangkaian kereta pada jalur-jalur lainnya tetap melaju namun melewati stasiun Fulton Street.

Polisi lantas melakukan pemeriksaan. Hasilnya, dua benda mencurigakan itu hanyalah rice cooker kosong yang tidak berbahaya.



Meski demikian, kehebohan tak berhenti sampai di situ. Benda mencurigakan ketiga ditemukan di titik 16th Street di distrik Chelsea, sedikit lebih ke utara dari lokasi temuan sebelumnya. Wakil Komisioner untuk Urusan Intelijen dan Kontraterorisme pada Kepolisian New York, John Miller, menyatakan benda ketiga juga rice cooker kosong.

Setelah melihat rekaman CCTV di lokasi, dua rice cooker di stasiun Fulton Street ditinggalkan oleh satu pria yang sama, yang menggunakan troli untuk mengangkut benda tersebut. Pada akhirnya kesimpulan dari penyelidikan menunjukkan bahwa Larry Griffin merupakan pria yang bikin takut warga New York dengan rice cooker kosong tersebut.

Motif Griffin dalam aksi terbarunya di New York masih belum diketahui. Rekaman CCTV menunjukkan pemuda itu membawa dua rice cooker berukuran besar dengan troli atau kereta dorong sebelum meletakkannya di kompleks stasiun Fulton Street.

Griffin dilaporkan merupakan bekas warga Bruno, West Virginia. Dalam pernyataan terpisah, kantor Sheriff Logan County di West Virginia menyebut Griffin memiliki catatan kriminal sebelumnya.


Griffin ternyata pernah tiga kali ditangkap dalam kurun waktu 8 tahun terakhir terkait kasus kepemilikan senjata dan penggunaan material cabul untuk menggoda anak di bawah umur.

Diketahui bahwa kebanyakan rice cooker berbentuk mirip panci tekan, yang menggunakan tekanan untuk memasak makanan dengan lebih cepat -- fungsi yang biasa dipakai untuk mengubah panci tekan menjadi bom rakitan.

Pada September 2016 lalu, sebuah panci tekan berisi bom rakitan meledak di distrik Chelsea, New York City. Ledakan itu melukai 31 orang dan memicu kepanikan yang belum pernah terjadi sejak tragedi 11 September 2001. (gbr/dkp)