detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 18:40 WIB

Kembali Terjadi! Balita AS Tewas Usai Ditinggal Sendirian di Mobil

Novi Christiastuti - detikNews
Kembali Terjadi! Balita AS Tewas Usai Ditinggal Sendirian di Mobil Ilustrasi (iStock)
New Jersey - Tragis! Seorang balita perempuan berusia 22 bulan ditemukan tewas di dalam sebuah van yang diparkir di luar stasiun komuter di New Jersey, Amerika Serikat (AS). Diduga, bayi ini ditinggal sendirian di dalam kendaraan itu.

Seperti dilansir CNN, Senin (19/8/2019), insiden ini terjadi di luar PATCO High Speed Line di Lindelwold, New Jersey, pada Jumat (16/8) lalu. Kepolisian setempat mendatangi lokasi setelah menerima laporan via layanan darurat 911 soal keberadaan seorang bayi di dalam sebuah van yang sedang diparkir.

Keterangan dari kantor Jaksa Camden County menyebut bahwa polisi yang tiba di lokasi menemukan bocah perempuan itu dalam kondisi tidak sadarkan diri. Bocah itu ditemukan duduk di kursi khusus balita.

Jendela mobil di bagian kursi penumpang ditemukan telah rusak saat polisi tiba. Tidak diketahui keberadaan orang tua dari balita itu.


Balita itu dinyatakan meninggal dunia di lokasi pada pukul 15.54 waktu setempat. Diduga balita ini meninggal karena kepanasan setelah ditinggal di dalam mobil.

Kantor jaksa setempat menyatakan penyelidikan terhadap insiden tragis ini masih berlangsung. Sejauh ini belum ada satupun dakwaan yang dijeratkan.

Kasus ini diduga menjadi contoh terbaru dari kasus orangtua meninggalkan anak mereka sendiri di dalam mobil, yang seringkali berujung maut. Data dari Dewan Keselamatan Nasional mencatat serangan gelombang panas (heatstroke) menewaskan 38 anak setiap tahunnya di AS.

Data ini termasuk kasus anak yang secara tidak sengaja ditinggalkan di dalam mobil oleh orangtuanya yang lupa, kemudian kasus anak yang mengunci diri di dalam mobil atau bagasi dan sejumlah kecil kasus anak dengan sengaja ditinggalkan sendirian di dalam mobil.


Sementara data dari NoHeatStroke.org -- yang dikelola Departemen Meteorologi dan Ilmu Iklim -- menyebut bahwa kebanyakan kasus kematian akibat heatstroke terjadi secara tidak disengaja. Lebih dari separuh kasus heatstroke terjadi saat orangtua lupa meninggalkan anak mereka di dalam mobil.

Tahun lalu tercatat sebagai tahun mematikan dalam 20 tahun terakhir, bagi kasus anak tewas setelah ditinggal di dalam mobil, dengan 52 anak yang berusia antara tujuh minggu hingga 5 tahun kehilangan nyawa karena kepanasan usai ditinggal di dalam mobil.


(nvc/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com