detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 13:54 WIB

Pria Gelandangan Ditangkap terkait 3 Rice Cooker yang Gegerkan New York

Novi Christiastuti - detikNews
Pria Gelandangan Ditangkap terkait 3 Rice Cooker yang Gegerkan New York Polisi New York mengevakuasi rice cooker yang sempat menggegerkan publik (AP Photo/Kevin Hagen)
New York - Seorang pemuda berusia 26 tahun ditangkap Kepolisian New York di Amerika Serikat (AS) setelah meninggalkan tiga rice cooker yang menggegerkan publik karena sempat diduga bom. Pemuda itu disebut sebagai seorang gelandangan.

Seperti dilansir AFP, Senin (19/8/2019), pemuda bernama Larry K Griffin II (26) ini ditangkap oleh Kepolisian New York (NYPD) pada Sabtu (17/8) waktu setempat dan dijerat tiga dakwaan meletakkan bom palsu.

Aksi pemuda itu membuat sebagian wilayah kota New York dalam situasi waspada selama dua jam pada Jumat (16/8) pagi waktu setempat. Tiga rice cooker kosong, yang awalnya dilaporkan sebagai benda mencurigakan, itu ditemukan di kompleks stasiun kereta bawah tanah Fulton Street dekat World Trade Center dan di pinggiran jalanan di distrik Chelsea, New York City.


Temuan itu memicu evakuasi salah satu stasiun dan mengganggu layanan kereta bawah tanah di sekitar Fulton Street. Beberapa saat usai temuan itu, otoritas New York menyatakan temuan rice cooker itu tidak berbahaya. Namun mereka memburu pelaku yang meninggalkan rice cooker itu di area publik.

Griffin yang terekam CCTV tengah membawa dan meletakkan rice cooker itu di lokasi-lokasi temuan itu, dilaporkan merupakan bekas warga Bruno, West Virginia.

Dalam pernyataan terpisah, kantor Sheriff Logan County di West Virginia menyebut Griffin memiliki catatan kriminal sebelumnya. Disebutkan bahwa Griffin pernah tiga kali ditangkap dalam kurun waktu 8 tahun terakhir, terkait kasus kepemilikan senjata dan penggunaan material cabul untuk menggoda anak di bawha umur.

Motif Griffin dalam aksi terbarunya di New York masih belum diketahui. Rekaman CCTV menunjukkan pemuda itu membawa dua rice cooker berukuran besar dengan troli atau kereta dorong, sebelum meletakkannya di kompleks stasiun Fulton Street.


Diketahui bahwa kebanyakan rice cooker berbentuk mirip panci tekan, yang menggunakan tekanan untuk memasak makanan dengan lebih cepat -- fungsi yang biasa dipakai untuk mengubah panci tekan menjadi bom rakitan.

Pada September 2016 lalu, sebuah panci tekan berisi bom rakitan meledak di distrik Chelsea, New York City. Ledakan itu melukai 31 orang dan memicu kepanikan yang belum pernah terjadi sejak tragedi 11 September 2001.


(nvc/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com