detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 15:33 WIB

Pesawat Tempur Israel Gempur Gaza Usai Serangan Roket

Novi Christiastuti - detikNews
Pesawat Tempur Israel Gempur Gaza Usai Serangan Roket Ilustrasi (REUTERS/Mohamad Torokman)
Gaza City - Pesawat-pesawat tempur Israel menggempur sedikitnya tiga target di Jalur Gaza pada Sabtu (17/8) pagi waktu setempat. Serangan udara ini dilancarkan setelah sebuah roket ditembakkan dari Gaza ke Israel bagian selatan, sehari sebelumnya.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (17/8/2019), dituturkan seorang sumber keamanan Palestina di Gaza bahwa gempuran udara Israel itu mengenai tiga lokasi di Gaza.

Ketiga target itu terdiri atas sebuah pos pengawasan Hamas di Beit Hanoun, Gaza bagian utara, kemudian sebuah target tak teridentifikasi dekat Gaza City dan sebuah lapangan terbuka dekat Deir El Balah, Gaza bagian tengah.


Menurut sumber tersebut, tidak ada laporan korban jiwa akibat gempuran udara Israel ini.

Dalam pernyataannya, militer Israel hanya menyebut dua serangan ke Gaza. "Terhadap target bawah tanah milik organisasi teror Hamas di wilayah Jalur Gaza bagian utara dan tengah," demikian pernyataan militer Israel menyebut target di Gaza yang digempur.

Gempuran udara Israel itu dilancarkan setelah sebuah roket ditembakkan dari Gaza ke Israel bagian selatan pada Jumat (16/8) tengah malam waktu setempat.


Militer Israel menyebut serangan roket itu merupakan yang pertama sejak 12 Juli lalu. Dalam pernyataannya, militer Israel menyebut roket dari Gaza itu berhasil ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara Iron Dome milik Israel.

Sirene sempat berbunyi untuk memperingatkan warga di wilayah kota Sderot dan sekitarnya.


(nvc/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com