detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 14:11 WIB

Tinggalkan 3 Rice Cooker yang Gegerkan New York, Pria Ini Diburu Polisi

Novi Christiastuti - detikNews
Tinggalkan 3 Rice Cooker yang Gegerkan New York, Pria Ini Diburu Polisi Polisi New York tengah memburu pria yang terekam CCTV meninggalkan rice cooker di area stasiun bawah tanah (NYPD via AP)
New York - Kepolisian New York di Amerika Serikat (AS) tengah memburu seorang pria yang diyakini meninggalkan tiga rice cooker yang sempat dikira bom dan menggegerkan publik. Foto pria itu, yang terekam CCTV saat melakukan aksinya, telah disebar ke publik.

Seperti dilansir Associated Press dan CNN, Sabtu (17/8/2019), temuan tiga rice cooker yang awalnya disebut benda mencurigakan itu sempat memicu evakuasi besar-besaran. Dua rice cooker ditemukan di area Manhattan, dengan satu ditemukan di jalanan dekat kompleks stasiun kereta bawah Fulton Street dan satu lagi di peron stasiun.


Rice cooker ketiga ditemukan di pinggir jalan di distrik Chelsea yang masih ada di area Manhattan. Rice cooker ketiga ini disebut memiliki model yang sama dengan dua rice cooker yang ditemukan di Fulton Street. Jarak lokasi temuan pertama dengan temuan kedua berjarak sekitar 3 kilometer.

Akibat temuan ini, seisi stasiun pun dievakuasi dengan cepat. Layanan kereta bawah tanah pada dua jalur dihentikan sementara, dengan sejumlah rangkaian kereta pada jalur-jalur lainnya tetap melaju namun melewati stasiun Fulton Street.

Polisi New York mengevakuasi rice cooker yang sempat menggegerkan publikPolisi New York mengevakuasi rice cooker yang sempat menggegerkan publik Foto: AP Photo/Kevin Hagen

Rekaman CCTV di lokasi menunjukkan dua rice cooker di dekat Fulton Street ditinggalkan oleh satu pria yang sama. Dalam rekaman CCTV, pria itu terlihat membawa dua rice cooker yang dibawa dengan troli kemudian meletakkannya di kompleks stasiun Fulton Street. Foto yang dirilis kepolisian setempat menunjukkan pria muda itu berdiri di lift dan membawa masuk rice cooker tersebut.

Pihak kepolisian saat ini tengah memburu pria itu untuk diinterogasi lebih lanjut. Polisi belum mengetahui motif pria terkait teror atau sekadar membuang benda tersebut.

"Tapi saya tidak akan menyebutnya sebagai tersangka," ucap Wakil Komisioner untuk Urusan Intelijen dan Kontraterorisme pada Kepolisian New York, John Miller.


"Mungkin saja bahwa seseorang menempatkan sejumlah benda di tempat sampah hari ini dan pria ini mengambilnya dan kemudian membuangnya, atau mungkin saja bahwa ini adalah tindakan yang disengaja," imbuh Miller.

Gubernur New York, Andrew Cuomo, sebelumnya menyebut otoritas setempat menduga benda-benda itu diletakkan di kompleks stasiun bawah tanah 'untuk menunjukkan bahwa benda itu adalah peralatan elektronik dan kemungkinan bom.

Polisi New York tengah memburu pria yang terekam CCTV meninggalkan rice cooker di area stasiun bawah tanahPolisi New York tengah memburu pria yang terekam CCTV meninggalkan rice cooker di area stasiun bawah tanah Foto: NYPD via AP

Diketahui kebanyakan rice cooker berbentuk mirip panci tekan, yang menggunakan tekanan untuk memasak makanan dengan lebih cepat -- fungsi yang biasa dipakai untuk mengubah panci tekan menjadi bom rakitan.

Temuan tiga rice cooker ini terjadi di lokasi yang hanya berjarak beberapa blok dari gedung World Trade Center dan New York Stock Exchange. Puluhan temuan paket mencurigakan dilaporkan setiap harinya di New York, namun lokasi temuan rice cooker yang dekat dengan lokasi tragedi 11 September 2001 semakin meningkatkan kekhawatiran publik sebelum polisi akhirnya memastikan benda-benda itu tidak berbahaya.

Salah satu rice cooker yang menggegerkan publik New YorkSalah satu rice cooker yang menggegerkan publik New York Foto: NYPD via AP

(nvc/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com