detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 04:48 WIB

Serukan Perdamaian, Spiderman Asal Prancis Panjat Gedung di Hongkong

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Serukan Perdamaian, Spiderman Asal Prancis Panjat Gedung di Hongkong Alain Roberts membentangkan spanduk yang merupakan gabungan bendera China dan Hongkong (Foto: Ann Wang/Reuters)
Hong Kong - Alain Robert yang dijuluki 'Spiderman Prancis' melakukan aksinya di tengah ketegangan di Hong Kong. Alain memanjat sebuah gedung tinggi dan mengibarkan spanduk untuk mendorong perdamaian di tengah ketegangan di Hong Kong yang berlangsung beberapa bulan terakhir.

Robert (56) memanjat gedung Cheung Kong Centre dengan tinggi 68 lantai menggunakan peralatan panjat warna-warni. Dia membentangkan spanduk yang merupakan gabungan bendera China dan Hong Kong. Pada bagian bawah spanduk terdapat gambar tangan sedang bersalaman.




Ketika aksi itu berlangsung, polisi langsung mengamankan lokasi. Petugas juga naik ke lantai 11 untuk mencopot bendera. Robert dilaporkan telah ditahan pihak berwenang karena aksinya itu.

Dalam sebuah pernyataan, Robert mengatakan aksi nekatnya merupakan 'permintaan untuk mendesak perdamaian dan konsultasi antara rakyat Hong Kong dan pemerintah mereka'.

"Mungkin apa yang saya lakukan dapat menurunkan suhu dan membangkitkan senyuman," ujarnya seperti dilansir Al-Jazeera, Jumat (16/8/2019).




Robert sebelumnya dilarang melakukan aksi panjat gedung sejak satu tahun lalu. Ketika itu dia ditangkap karena memanjat hotel di Hong Kong.

Dia tercatat pernah menaklukkan gedung-gedung tinggi di berbagai negara seperti Burj Khalifa di Dubai, Menara Eiffel, Gedung Opera Sydney dan Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur. Dia juga pernah menaklukkan gedung Bakrie Tower di Jakarta pada 2012 lalu.
(abw/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com