detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 00:22 WIB

Trump Harap Xi Jinping Bertemu Pendemo di Hong Kong

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Trump Harap Xi Jinping Bertemu Pendemo di Hong Kong Foto: Donald Trump (REUTERS/Jonathan Ernst)
Washington - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berharap Presiden China Xi Jinping bertemu dengan para aktivis prodemokrasi di Hong Kong. Trump menyebut pertemuan tersebut bisa menghasilkan akhir 'bahagia' atas protes berbulan-bulan.

"Jika Presiden Xi mau bertemu langsung dengan para pendemo, mungkin ada akhir bahagia dan mencerahkan dari permasalahan Hong Kong. Saya tak ragu!" cuit Trump seperti dikutip dari AFP, Jumat (16/8/2019).


Trump tampaknya mengklarifikasi satu cuitan yang dia tulis pada Rabu tentang Xi, hubungan perdagangan dan Hong Kong yang diakhiri dengan mengatakan 'pertemuan personal?' Hal itu dianggap sebagian orang bahwa Trump menawarkan untuk bertemu dengan Presiden China.

Trump menganggap kerusuhan di Hong Kong sebagai masalah internal Beijing. Dia fokus pada negosiasi untuk menyelesaikan perang dagang antara AS dan China.


"Tentu China ingin membuat kesepakatan. Biarkan mereka bekerja secara manusiawi dulu dengan Hong Kong!" cuit Trump pada Rabu.

Sejumlah pihak memperkirakan China akan menggunakan kekuatan militer untuk mengatasi aksi demonstrasi yang telah berlangsung dua bulan di Hong Kong.
(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com