detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 12:42 WIB

China Tolak Rencana Kunjungan 2 Kapal Militer AS ke Hong Kong

Novi Christiastuti - detikNews
China Tolak Rencana Kunjungan 2 Kapal Militer AS ke Hong Kong Ilustrasi -- Victoria Harbour di Hong Kong (ISAAC LAWRENCE/AFP)
Washington DC - Pemerintah China menolak rencana kunjungan dua kapal militer milik Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) ke Hong Kong dalam beberapa pekan ke depan. Penolakan ini diputuskan China saat gejolak politik terus berlangsung di Hong Kong, yang masih bagian dari wilayahnya.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (14/8/2019), sejumlah pejabat AS yang enggan disebut namanya, mengatakan bahwa kapal militer AS bernama Green Bay, jenis kapal pengangkut dermaga, meminta izin untuk berkunjung ke Hong Kong pada akhir bulan ini.

Sedangkan USS Lake Erie, jenis kapal penjelajah berpeluru kendali, meminta izin untuk berkunjung pada September mendatang.


Salah satu pejabat AS yang dikutip Reuters menyatakan tidak ada alasan spesifik yang disampaikan China terkait penolakan rencana kunjungan itu.

Namun, sebut pejabat ini, langkah semacam ini bukannya tidak pernah terjadi sebelumnya.

Terakhir kali, pemerintah China menolak rencana kunjungan kapal serbu milik AS, USS Wasp, ke pelabuhan Hong Kong pada September 2018.

Kapal komando amfibi milik AS, USS Blue Ridge, diperbolehkan melakukan kunjungan ke pelabuhan Hong Kong pada April lalu.


Langkah China menolak rencana kunjungan kapal militer AS ini diumumkan saat demonstran antipemerintah dan polisi Hong Kong terlibat bentrokan terbaru di Bandara Internasional Hong Kong pada Selasa (14/8) malam waktu setempat. Operasional penerbangan di bandara itu pun terganggu.

Di Washington DC, Trump turut memberikan komentar soal situasi terkini di Hong Kong. Trump meminta semua pihak tetap tenang, sembari menyebut pemerintah China telah menggerakkan tentaranya ke perbatasan dengan Hong Kong.

Dalam komentarnya, Trump menyebut situasi di Hong Kong sangat rumit, namun dia mengharapkan semua langkah yang diambil bisa berhasil untuk semua pihak, termasuk China dan 'bagi kebebasan' tanpa adanya korban luka maupun korban jiwa.




Penutupan Bandara di Hong Kong Berdampak Ekonomi Cukup Besar:

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com