detikNews
Sabtu 10 Agustus 2019, 12:59 WIB

Tembakkan Rudal Lagi, Kim Jong-Un Tak Senang dengan Latihan Militer AS-Korsel

Rita Uli Hutapea - detikNews
Tembakkan Rudal Lagi, Kim Jong-Un Tak Senang dengan Latihan Militer AS-Korsel salah satu rudal yang dimiliki Korut (Foto: DW (News))
Pyongyang - Korea Utara (Korut) kembali melakukan peluncuran rudal-rudal untuk memprotes latihan militer gabungan Amerika Serikat dan Korea Selatan (Korsel). Rudal ini ditembakkan hanya beberapa jam setelah Presiden AS Donald Trump sendiri mengungkapkan ketidaksenangannya soal latihan perang dengan Korsel tersebut.

Para pejabat Pertahanan Korsel mengatakan bahwa apa yang tampaknya sebagai rudal-rudal balistik jarak pendek, ditembakkan dari dekat kota Hamhung, dan terbang sejauh 400 kilometer sebelum jatuh di lautan antara semenanjung Korea dan Jepang.


Ini merupakan rangkaian peluncuran rudal yang kelima kalinya dalam dua pekan terakhir. Pemimpin Korut Kim Jong-Un telah menyebut peluncuran rudal itu sebagai peringatan serius atas latihan militer AS-Korsel yang dimulai beberapa hari lalu.

Peluncuran rudal Korut hari Sabtu ini terjadi setelah Trump menyatakan dirinya setuju dengan keberatan Kim atas latihan perang AS-Korsel. Sebelumnya Trump telah berulang kali menyampaikan tentang hubungan pribadinya yang dekat dengan Kim, seiring pemerintahannya berupaya melanjutkan kembali pembicaraan denuklirisasi yang terhenti dengan Korut.

"Saya mendapatkan surat yang sangat indah dari Kim Jong-Un kemarin. Itu surat yang sangat positif," ujar Trump seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (10/8/2019).

"Dia (Kim) tidak senang dengan latihan perang itu. Saya juga tidak pernah menyukai itu. Saya tidak pernah menjadi fan soal itu. Dan kalian tahu kenapa? Saya tidak suka membayar untuk itu," cetus Trump.


Beberapa jam kemudian, Gedung Putih menyatakan belum ada komentar mengenai peluncuran rudal terbaru Korut tersebut. "Kami tengah berkonsultasi erat dengan sekutu-sekutu Jepang dan Korea Selatan kami," ujar seorang pejabat senior pemerintah AS seperti dikutip AFP.




Tonton video Kim Jong Un Pimpin Langsung Uji Coba Rudal:

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed