detikNews
Sabtu 10 Agustus 2019, 11:13 WIB

Sempat Padam, Listrik di London dan Sekitarnya Telah Kembali Normal

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sempat Padam, Listrik di London dan Sekitarnya Telah Kembali Normal jaringan kereta di London sempat terhenti akibat listrik padam (Foto: Getty Images via CNN)
London - Pemadaman listrik massal sempat terjadi di sebagian besar wilayah London dan Inggris selatan saat jam sibuk pada Jumat (9/8) malam waktu setempat. Namun saat ini dilaporkan bahwa jaringan listrik telah kembali normal.

"Semua listrik telah pulih kembali," demikian disampaikan pihak UK Power Networks and to Western Power Distribution, yang memasok listrik untuk wilayah Midlands, South West dan Wales.

UK Power Networks mengatakan bahwa pemadaman listrik tersebut terjadi akibat masalah jaringan transmisi nasional. "Kami yakin semua pasokan telah pulih," demikian disampaikan seperti dilansir media CNN, Sabtu (10/8/2019).


Tidak disebutkan berapa lama pemadaman listrik itu berlangsung.

Sebelumnya dilaporkan bahwa pemadaman listrik massal telah menyebabkan gangguan layanan kereta-kereta api. Jaringan utama London Underground sempat terhenti akibat pemadaman listrik tersebut, namun pada pukul 18.00 waktu setempat, layanan kereta kembali berfungsi meski terjadi banyak penundaan jadwal kereta.

Polisi Transportasi Inggris mengatakan telah mengirim petugas ke "beberapa" stasiun kereta api untuk memberikan bantuan kepada para pelancong.


Blackout ini juga menyebabkan lampu lalu lintas di beberapa kawasan sempat tidak berfungsi. Seorang juru bicara untuk Transportasi London mengatakan beberapa lampu lalu lintas di ibukota itu "tidak berfungsi" tetapi skala masalahnya belum diketahui.

Pemadaman listrik juga sempat berdampak pada operasional bandara. Penumpang di Bandara Newcastle mengatakan listrik padam selama sekitar 15 menit, tetapi pihak bandara Heathrow, Gatwick dan Luton mengatakan mereka tidak terpengaruh.



Tonton juga video saat KPK-Polri 'Nimbrung' Cari Penyebab Listrik Mati, PLN: Hak Mereka:

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com