detikNews
Jumat 09 Agustus 2019, 11:23 WIB

Oven di Kabin Terbakar, Pesawat Tujuan Kanada Terpaksa Balik ke Paris

Novi Christiastuti - detikNews
Oven di Kabin Terbakar, Pesawat Tujuan Kanada Terpaksa Balik ke Paris Ilustrasi (iStock)
Paris - Sebuah pesawat maskapai Kanada, Air Transat, yang terbang menuju Montreal, Kanada terpaksa terbang kembali ke Paris, Prancis setelah terjadi kebakaran di dalam kabin pesawat. Api dilaporkan muncul dari salah satu oven yang ada di dalam kabin pesawat.

Dituturkan Kepolisian Perbatasan Prancis dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP, Jumat (9/8/2019), insiden itu terjadi pada Kamis (8/8) waktu setempat, sesaat sebelum pukul 14.00 GMT atau delapan menit setelah pesawat jenis Airbus A330 itu lepas landas dari Bandara Charles de Gaulle di Paris.


Pesawat ini sedang membawa 385 penumpang dan delapan awak saat insiden terjadi.

"Kebakaran itu dipadamkan sebelum petugas darurat tiba," demikian pernyataan Kepolisian Perbatasan Prancis.

Pesawat berhasil mendarat dengan selamat di Paris. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.


Namun otoritas setempat menuturkan sedikitnya 29 orang merasa 'tertekan' akibat kebakaran itu. Tidak ada penumpang maupun awak yang harus dirawat di rumah sakit.

Pemeriksaan toksikologi sempat dilakukan di dalam kabin dan sekitarnya dan hasilnya menunjukkan tidak ada kontaminasi racun apapun yang dipicu kebakaran itu.

Dituturkan seorang sumber di bandara setempat bahwa oven yang terbakar, yang terpasang di dalam pesawat, telah dikeluarkan dari kabin. Namun pilot memutuskan untuk tidak melanjutkan penerbangan. Para penumpang pun diinapkan di sebuah hotel setempat.


(nvc/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed