detikNews
Kamis 08 Agustus 2019, 21:32 WIB

Round-Up

Geger Knalpot Menyalak, Warga New York Tersentak

Rivki - detikNews
Geger Knalpot Menyalak, Warga New York Tersentak Letupan Knalpot Motor Picu Kepanikan di Times Square (EARTHCAM via Associated Press)
New York - Suara dentuman membuat kawasan yang biasa dipadati orang-orang di Times Square, New York, menjadi panik. Orang-orang di Times Square mengira letupan itu suara tembakan ataupun bom. Bagaimana kejelasannya?

Seperti dilansir CNN, Kamis (8/8/2019), kebingungan dan kepanikan di Times Square ini terjadi pada Selasa (6/8) malam sekitar pukul 22.00 waktu setempat. Laporan media lokal WLNY yang merupakan afiliasi CNN menyebut insiden ini tepatnya terjadi di dekat 7th Avenue dan 46th Street.



Kebingungan yang dirasakan orang-orang di Times Square berubah menjadi ketakutan dan kekacauan. Video amatir dari momen ini menunjukkan orang-orang yang memenuhi area Times Square tampak berlarian ke berbagai arah.

Disebutkan NYPD bahwa ada banyak panggilan darurat ke layanan 911 saat insiden itu terjadi.


Laporan WLNY menyebut suara letupan knalpot sepeda motor itu membuat orang-orang sangat panik hingga terjadi aksi saling dorong, sambil beberapa orang berteriak 'penembak'.

Situasi itu, sebut WLNY dalam laporannya, membuat beberapa orang mengalami luka-luka. WLNY melaporkan beberapa orang -- tidak disebut jumlah pastinya -- mengalami luka memar dan luka gores, namun tidak ada luka-luka yang membahayakan nyawa.

Kepanikan itu juga muncul karena di AS baru-baru ini mengalami peristiwa penembakan yang mengerikan. Seperti diketahui AS baru saja dilanda dua penembakan massal di Texas dan Ohio yang menewaskan total 31 orang.



Kepolisian New York atau NYPD pun menegaskan, dentuman itu bukan suara bom ataupun letupan tembakan. Kepolisian dengan cepat menegaskan suara itu berasal dari knalpot motor.

"Tidak ada #ActiveShooter di #TimesSquare. Sepeda motor mengalami letupan (knalpot) saat melintas yang terdengar seperti suara tembakan senjata api," demikian disampaikan NYPD Midtown North dalam keterangan via Twitter.
(rvk/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com