detikNews
Kamis 08 Agustus 2019, 18:38 WIB

Paket Kokain Rp 27 M Terdampar di Pantai Terpencil Selandia Baru

Novi Christiastuti - detikNews
Paket Kokain Rp 27 M Terdampar di Pantai Terpencil Selandia Baru Paket kokain yang terdampar di pantai terpencil Selandia Baru (New Zealand Police via CNN)
Wellington - Belasan paket narkoba ditemukan terdampar di sebuah pantai terpencil di Selandia Baru. Paket-paket narkoba jenis kokain ini ditaksir bernilai sekitar NZ$ 3 juta atau setara Rp 27 miliar.

Seperti dilansir AFP dan CNN, Kamis (8/8/2019), temuan belasan paket kokain ini terjadi di Pantai Bethells yang tergolong pantai terpencil di pantai barat Auckland. Kepolisian Selandia Baru dalam pernyataannya menyebut seseorang melaporkan temuan ini kepada polisi pada Rabu (7/8) malam waktu setempat.

Disebutkan kepolisian bahwa 'kecil kemungkinan' ada lebih banyak paket narkoba yang terdampar di pantai seperti ini. Namun polisi tetap menyerukan warga setempat untuk menyerahkan setiap temuan narkoba yang muncul.


Saat polisi mendatangi Pantai Bethells pada Rabu (7/8) malam waktu setempat, paket-paket kokain itu berserakan di sepanjang garis pantai.

"Polisi mendatangi lokasi dan menemukan sekitar 19 paket yang setelah dites terkonfirmasi mengandung kokain," ujar Inspektur Detektif Colin Parmenter.

Parmenter memperkirakan paket-paket kokain ini memiliki nilai pasar sekitar NZ$ 3 juta.


Otoritas setempat hingga kini masih mencari tahu asal narkoba ini. Sebuah helikopter dikerahkan untuk menyisir lokasi temuan pada Kamis (8/8) waktu setempat dan patroli kepolisian akan terus memantau area pantai. Laporan media-media lokal menyebut terdapat jaring dan kerang pada kemasan paket-paket narkoba itu, yang mengindikasikan benda ini sudah ada di lautan untuk waktu yang cukup lama.

"Ada kecil kemungkinan bahwa paket-paket lainnya mungkin terdampar di pantai dan kami meminta warga untuk segera menghubungi kami jika ada temuan," ucap Parmenter. "Dan kami akan mengirimkan patroli reguler dalam beberapa hari ke depan untuk terus memeriksa benda-benda yang terdampar," imbuhnya.

Diketahui bahwa Pantai Bethells cukup terkenal meskipun terpencil, karena pernah menjadi lokasi syuting video klip penyanyi pop terkenal Amerika Serikat (AS) Taylor Swift untuk lagu berjudul 'Out of the Woods' yang dirilis tahun 2015.


Terlepas dari itu, insiden paket narkoba terdampar di pantai Selandia Baru ini bukan yang pertama kali terjadi. Tahun 2016 lalu, kepolisian setempat menemukan paket narkoba jenis methamphetamine seberat 500 kilogram, yang sebagian besar ada di dalam sebuah kapal yang terdampar di pantai North Island.

Saat itu, temuan paket methamphetamine tersebut ditaksir bernilai hingga NZ$ 500 juta (Rp 4,5 triliun).


(nvc/nvc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com