detikNews
Kamis 08 Agustus 2019, 14:52 WIB

Gunung Berapi Dekat Tokyo Erupsi, Muntahkan Abu Sejauh 2 Km

Novi Christiastuti - detikNews
Gunung Berapi Dekat Tokyo Erupsi, Muntahkan Abu Sejauh 2 Km Seorang pejabat Badan Meteorologi Jepang menunjukkan foto Gunung Asama yang sedang erupsi (JIJI PRESS/AFP)
Tokyo - Sebuah gunung berapi di dekat Tokyo, Jepang, mengalami erupsi untuk pertama kalinya dalam empat tahun terakhir. Gunung berapi ini memuntahkan asap dan abu vulkanis hingga sejauh dua kilometer di udara dan memicu peringatan dari otoritas setempat.

Seperti dilansir AFP, Kamis (8/8/2019), Gunung Asama yang berjarak 140 kilometer sebelah timur laut ibu kota Tokyo, ini mengalami erupsi sejak semalam.


Akibatnya, badan meteorologi nasional terpaksa menaikkan level waspada ke level tiga, dari total lima level peringatan, yang berarti orang-orang harus menghindari kawah gunung. Publik diminta menjauhi area sekitar Gunung Asama.

Badan meteorologi nasional memperingatkan bahwa muntahan bebatuan besar dan aliran gas panas yang bergerak cepat, bisa menerjang di area dengan radius 4 kilometer dari kawah gunung. Kota terdekat dari gunung bahkan bisa terkena muntahan bebatuan kecil dan abu vulkanis, tergantung kecepatan angin.


Seorang pejabat badan meteorologi nasional yang enggan disebut namanya, menuturkan kepada AFP pada Kamis (8/8) waktu setempat bahwa aliran gas panas masih dimuntahkan ke udara, namun dalam level 'normal'.

"Kami tidak melihat adanya peningkatan aktivitas," ujar pejabat badan meteorologi nasional itu.

Gunung Asama terakhir kali mengalami erupsi pada Juni 2015 lalu. Saat itu erupsi yang terjadi tergolong kecil dan tidak memicu korban luka.



Tonton video Puncak Gunung Ciremai Terbakar, Puluhan Pendaki Dievakuasi:

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com