detikNews
Selasa 06 Agustus 2019, 19:24 WIB

3 Peselancar Digigit Hiu dalam 24 Jam di Pantai Florida

Novi Christiastuti - detikNews
3 Peselancar Digigit Hiu dalam 24 Jam di Pantai Florida Ilustrasi (Thinkstock)
Florida - Sedikitnya tiga kasus serangan hiu terjadi di sebuah pantai yang sama di Florida, Amerika Serikat (AS), dalam jangka waktu hanya 24 jam. Tiga orang mengalami luka-luka akibat gigitan hiu di pantai bernama New Smyrna Beach tersebut.

Seperti dilansir CNN, Selasa (6/8/2019), serangan hiu ini terjadi dalam dua hari yang berbeda, namun dengan jangka waktu hanya 24 jam. Serangan pertama terjadi pada Sabtu (3/8) lalu seorang peselancar bernama Emily Comfort (20) digigit hiu di bagian tangan dan pergelangan tangan sebelah kiri.

Menurut Volusia County Beach Safety, Comfort dibawa ke Halifax Medical Center di Daytona Beach untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut. Luka-luka yang diderita Comfort dilaporkan tidak membahayakan nyawanya.

Sekitar setengah jam kemudian, seorang peselancar lainnya bernama Riley Petrovich (21) digigit hiu di bagian kaki sebelah kanan. Petrovich menolak dibawa ke rumah sakit dan hanya menjalani perawatan medis di lokasi.


Direktur Program Penelitian Hiu pada Museum Sejarah Alam Florida, Gavin Naylor, menyebut banyak ikan kecil jenis bait fish yang berkumpul di area perairan di sekitar dermaga Pantai New Smyrma dan hiu-hiu mengikuti ikan-ikan itu. Naylor menyebut bahwa ombak untuk selancar terbaik juga ditemukan di sisi pantai yang sama.

"Jika Anda suka berselancar dan Anda berselancar di titik khusus ini, kesempatannya tinggi bagi Anda untuk berjumpa dengan hiu sepanjang 10 kaki (3 meter). Semua peselancar mengetahui ini. Mereka secara rutin melaporkan melihat hiu-hiu di area ini," tuturnya.

"Sementara hal ini mungkin berita baru bagi komunitas non-peselancar, ini sudah diketahui secara luas oleh para ilmuwan dan peselancar," imbuh Naylor.

Kurang dari 24 jam setelah dua serangan pertama, seorang pria bernama Peter Bourbeau (51) yang sedang berdiri di pantai dengan air setinggi lutut, tiba-tiba digigit hiu di kaki bagian kanan. Bourbeau menyebut hiu yang menggigitnya berukuran panjang sekitar 1,2 meter.


Kepada otoritas setempat, Bourbeau mengakui dirinya menendang hiu itu dengan kaki kirinya dan hiu itu berenang menjauh.

Hiu-hiu yang menyerang tiga orang di area Pantai New Smyrna itu tidak teridentifikasi. Naylor menyebut hiu sirip hitam, hiu spinner dan hiu jenis juvenile sandar cukup sering ditemukan di area tersebut. Bahkan, lanjut Naylor, terkadang ada hiu jenis hammerhead dan hiu macan di area yang sama.

Yang mengejutkan bagi banyak orang, sebut Naylor, hiu yang berukuran cukup besar biasanya akan menjelajah perairan dangkal.

Data dari International Shark Attack File menyebutkan bahwa Volusia County tercatat menjadi lokasi 303 serangan hiu sejak tahun 1882 silam. Jumlah tersebut tercatat sebagai yang paling banyak di wilayah AS. Jumlah terbanyak kedua ada di Brevard County yang juga ada di Florida, yakni sebanyak 147 serangan hiu.


(nvc/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com