detikNews
Kamis 25 Juli 2019, 16:13 WIB

Suvenir Snow Globe Berisi Sabu Cair Rp 9,5 M Disita di Australia

Novi Christiastuti - detikNews
Suvenir Snow Globe Berisi Sabu Cair Rp 9,5 M Disita di Australia Suvenir snow globe yang berisi sabu cair (Twitter/ABF via Channel News Asia)
Sydney - Otoritas Australia membongkar praktik penyelundupan narkoba yang disembunyikan di dalam paket suvenir berbentuk snow globe. Dilaporkan lebih dari 7 liter methamphetamine atau sabu dalam bentuk cair ditemukan di dalam belasan suvenir snow globe.

Seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (25/7/2019), paket suvenir snow globe ini disita otoritas Australia di Sydney, setelah baru tiba dari Kanada dengan menggunakan kapal laut.

Pernyataan dari Pasukan Perbatasan Australia (ABF) menyebut setidaknya 15 buah snow globe telah diperiksa dengan X-ray atau sinar X. Cairan yang ada di dalam snow globe itu juga diperiksa dan dinyatakan positif mengandung methamphetamine cair.


Disebutkan bahwa total lebih dari 7 liter methamphetamine cair disembunyikan di dalam belasan snow globe itu.

Menurut ABF, methamphetamine yang ada di dalam 15 snow globe itu ditaksir nilainya mencapai AUS$ 1 juta atau setara Rp 9,5 miliar.

Video yang dirilis ABF menunjukkan bahwa selain berisi methamphetamine cair, snow globe itu juga berisi karakter kartun binatang seperti hewan mamalia 'sloth' dan alpaka yang masih bersaudara dengan unta dan llama.

Suvenir snow globe yang berisi sabu cairSuvenir snow globe yang berisi sabu cair Foto: Twitter/ABF via Channel News Asia

Ketika dikocok, serpihan glitter yang ada di dalam snow globe terlihat berputar-putar di antara methamphetamine cair itu.

"ABF telah banyak berinvestasi dalam kemampuan teknologi kami dalam beberapa tahun terakhir dan kami bisa melihat lebih jauh ke dalam setiap paket dibanding sebelumnya," sebut Komandan ABF untuk kawasan New South Wales (NSW), Danielle Yannopoulos.

"Para petugas kami terus membuktikan, berkali-kali, bahwa penjahat yang berupaya menyembunyikan zat-zat ini dengan cara baru dan imajinatif, hanya akan membuang-buang waktu. Tidak peduli seberapa cerdas Anda pikir praktik penyembunyian yang dilakukan -- kami bisa menemukannya," tandasnya.




Suvenir Snow Globe Berisi Sabu Cair Rp 9,5 M Disita di Australia

(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com