detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 11:05 WIB

Ucapkan Selamat ke PM Baru Inggris, Trump: Dia Akan Menjadi Hebat!

Novi Christiastuti - detikNews
Ucapkan Selamat ke PM Baru Inggris, Trump: Dia Akan Menjadi Hebat! Boris Johnson saat berjabat tangan dengan Donald Trump di markas PBB tahun 2017 lalu (Brendan Smialowski/AFP)
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyelamati Boris Johnson yang baru saja terpilih menjadi Perdana Menteri (PM) baru Inggris. Trump membahas Johnson yang dijuluki 'Trump-nya Inggris' dan menyebutnya akan menjadi PM yang hebat.

"Selamat kepada Boris Johnson yang menjadi Perdana Menteri baru Inggris. Dia akan menjadi hebat!" ucap Trump dalam kicauan via Twitter, seperti dilansir AFP, Rabu (24/7/2019).

Trump sebelumnya menyebut dirinya sebagai penggemar berat Johnson. Dalam komentarnya, Trump juga menyinggung sosok Johnson yang dijuluki 'Trump-nya Inggris'.

"Kita mendapatkan pria yang sangat baik, dia akan menjadi Perdana Menteri Inggris sekarang, Boris Johnson," ucap Trump seperti dilansir Associated Press. Komentar ini disampaikan di sela-sela Trump menghadiri acara 'Turning Point USA's Teen Student Action Summit' di Washington pada Selasa (23/7) waktu setempat.


"Pria yang baik, dia tangguh dan dia cerdas. Mereka menyebutnya 'Trump-nya Inggris', mereka memanggilnya 'Trump-nya Inggris' dan beberapa orang menyebut itu hal yang baik, bahwa mereka menyukai saya di sana. Itulah yang mereka butuhkan. Itulah yang mereka butuhkan, itulah yang mereka butuhkan. Dia (Johnson-red) akan berhasil. Boris itu baik. Dia akan melakukan pekerjaan yang baik," imbuh Trump.

Pekan lalu, Trump memprediksi Johnson akan bisa memperbaiki apa yang disebutnya sebagai 'bencana' yang dipicu oleh PM Inggris sebelumnya, Theresa May, saat memimpin proses Brexit atau keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

"Dia (Johnson-red) tipe orang yang berbeda, tapi mereka bilang saya juga tipe orang yang berbeda. Kami akrab. Saya pikir kami akan menjalin hubungan yang sangat baik," ucap Trump kepada wartawan saat itu.

Johnson yang lahir di New York, AS ini resmi terpilih menjadi PM Inggris menggantikan Theresa May yang mengundurkan diri -- di tengah kebuntuan akibat Brexit -- pada 7 Juni lalu. Dalam pemungutan suara di kalangan Partai Konservatif yang kini berkuasa di Inggris, pada Selasa (23/7) waktu setempat, Johnson meraih 92.153 suara, mengungguli rivalnya, Jeremy Hunt yang kini menjabat Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris, yang meraih 46.656 suara.


Kemenangan dalam pemungutan suara itu menjadikan Johnson sebagai Ketua Partai Konservatif yang baru dan sekaligus menempatkannya pada kursi PM Inggris. Johnson akan dilantik menjadi PM baru Inggris pada Rabu (24/7) waktu setempat.

Sebelumnya, Johnson yang mantan wartawan ini pernah menjadi anggota parlemen Inggris kemudian menjabat Wali Kota London dan Menlu Inggris.


(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com