detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 04:31 WIB

Trump Bantah Klaim Iran soal Tangkap Jaringan CIA: Benar-benar Salah

Ibnu Hariyanto - detikNews
Trump Bantah Klaim Iran soal Tangkap Jaringan CIA: Benar-benar Salah Presiden AS Donald Trump (Foto: REUTERS/Joshua Roberts)
Washington -
Presiden AS Donald Trump membantah klaim Iran telah membongkar jaringan mata-mata CIA dan menangkap 17 tersangka yang diduga memiliki hubungan dengan badan intelijen AS. Menurut Trump, klaim itu salah besar.

"Laporan Iran yang menangkap mata-mata CIA benar-benar salah. Tidak ada kebenaran," cuit Trump dalam akun Twitter seperti dilansir, AFP, Senin (22/7/2019).

"Hanya lebih banyak kebohongan dan propaganda (seperti drone yang ditembakkan) yang dikeluarkan oleh rezim religius yang gagal dan tidak tahu harus berbuat apa," lanjutnya.



Trump kembali menyinggung ekonomi Iran sudah mati dan akan lebih buruk. "Ekonomi mereka sudah mati, dan akan menjadi jauh lebih buruk. Iran benar-benar berantakan!" kata Trump menambahkan.

Sebelumnya, otoritas Iran telah menahan 17 warganya yang terseret kasus spionase. Sebagian dari mereka akan dieksekusi mati. Belasan warga Iran itu dituduh menjadi mata-mata bagi badan intelijen pusat Amerika Serikat atau CIA.

Kementerian Intelijen Iran dalam dokumennya, seperti dilansir CNN, Senin (22/7/2019), menyatakan pihaknya telah membongkar jaringan mata-mata CIA di Iran.



Disebutkan juga oleh Kementerian Intelijen dalam dokumennya bahwa sedikitnya 17 tersangka ditangkap terkait jaringan mata-mata tersebut. Seluruh tersangka disebut sebagai warga negara Iran. Menurut dokumen Kementerian Intelijen Iran, para tersangka itu telah mengakui bahwa mereka menjadi mata-mata untuk CIA.

"Para tertuduh yang menjalani hukuman di penjara menyebutkan janji-janji menggoda dari agen-agen CIA termasuk emigrasi ke AS, pekerjaan yang layak di Amerika dan uang," demikian bunyi dokumen Kementerian Intelijen Iran.
(ibh/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed