detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 01:06 WIB

Bertemu PM Pakistan, Trump Siap Cari Jalan Keluar Akhiri Perang Afghanistan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Bertemu PM Pakistan, Trump Siap Cari Jalan Keluar Akhiri Perang Afghanistan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump (Foto: REUTERS/Leah Millis)
Washington - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bertemu dengan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan di Gedung Putih. Pertemuan itu membahas kerja sama Amerika Serikat dan Pakistan mengenai jalan keluar dari perang di Afghanistan.

Dilansir Reuters, Senin (22/7/2019), Trump menyambut Khan di ruang oval di Gedung Putih di Washington, AS. Trump berbicara kemungkinan memulihkan bantuan AS ke Pakistan, tergantung pada apa yang berhasil, dan menawarkan bantuan kepada Islamabad dalam upaya untuk meredakan hubungan tegang dengan India.



Khan mengatakan kepada Trump bahwa hanya ada satu solusi untuk Afghanistan dan perjanjian damai dengan Taliban lebih dekat dari sebelumnya. Dia berharap dalam beberapa hari mendatang bisa mendesak Taliban untuk melanjutkan pembicaraan.

Amerika Serikat memandang kerja sama dengan Pakistan terkait kesepakatan untuk mengakhiri perang Afghanistan sebagai hal yang penting. Namun, kedua negara memiliki hubungan yang rumit.

Trump ingin mengakhiri keterlibatan militer AS di Afghanistan serta melihat kerja sama Pakistan sebagai hal penting untuk setiap kesepakatan guna mengakhiri perang dan memastikan negara itu tidak menjadi basis bagi kelompok-kelompok militan seperti Negara Islam.



Amerika ingin Islamabad menekan Taliban agar melakukan gencatan senjata permanen dan berpartisipasi dalam pembicaraan dengan pemerintah Afghanistan.

Trump tahun lalu memangkas jutaan dolar bantuan keamanan ke Islamabad karena dituduh sebagai tempat berlindung yang aman bagi gerilyawan. Pakistan membantah tuduhan itu.
(ibh/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com