detikNews
Senin 22 Juli 2019, 17:59 WIB

Pria Palestina Dibui Seumur Hidup Atas Pembunuhan Tentara Israel

Rita Uli Hutapea - detikNews
Pria Palestina Dibui Seumur Hidup Atas Pembunuhan Tentara Israel Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Tel Aviv - Pengadilan Israel menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup pada seorang pria Palestina atas pembunuhan seorang tentara Israel di wilayah Tepi Barat tahun lalu.

"Pengadilan militer di Judea (Tepi Barat) menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada teroris Islam Naji (Abu Hamid)," demikian statemen militer Israel seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (22/7/2019).


Disebutkan militer Israel, dalam sidang putusan pada Senin (22/7) tersebut, pengadilan juga mengharuskan warga Palestina itu membayar kompensasi 258 ribu shekel (US$ 72.900).

Abu Hamid telah dinyatakan bersalah pada April 2019 lalu atas pembunuhan Ronen Lubarsky, seorang tentara pasukan khusus Israel yang terkena lemparan batu di bagian kepalanya saat operasi penangkapan di Tepi Barat pada 24 Mei 2018. Sersan berumur 20 tahun itu meninggal akibat lukanya dua hari kemudian.

Menurut sumber-sumber Palestina, batu tersebut dilemparkan padanya ketika operasi untuk menangkap beberapa warga Palestina di kamp pengungsi Al-Amari di dekat kota Ramallah, Tepi Barat.


Kamp yang dihuni oleh sekitar 15 ribu warga Palestina itu, kerap menjadi ajang bentrokan antara pasukan Israel dan warga Palestina.

Sebelumnya, militer Israel telah menghancurkan rumah keluarga Abu Hamid di Ramallah pada 15 Desember lalu usai pelemparan batu tersebut.



Simak Juga 'Eskalasi Memanas! Palestina-Israel Saling Gempur':

[Gambas:Video 20detik]




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com