ADVERTISEMENT
detikNews
Sabtu 20 Juli 2019, 18:06 WIB

Sangkal AS soal Drone Ditembak Jatuh, Iran Rilis Bukti Rekaman Video

Novi Christiastuti - detikNews
Sangkal AS soal Drone Ditembak Jatuh, Iran Rilis Bukti Rekaman Video Screenshot rekaman video yang dirilis IRGC menunjukkan drone Iran masih bisa mengambil gambar pada pukul 11.44 waktu setempat, atau setelah AS mengklaim telah menembak jatuh drone ini (Press TV)
Teheran - Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) merilis rekaman video untuk mementahkan klaim Amerika Serikat (AS) soal drone Iran ditembak jatuh di Selat Hormuz. Video dari IRGC itu disebut direkam oleh drone Iran yang sama yang mengudara di atas perairan Selat Hormuz dan memantau kapal militer AS.

Seperti dilansir media Iran, Press TV, Sabtu (20/7/2019), Departemen Hubungan Masyarakat (Humas) pada IRGC dalam pernyataannya menyebut rekaman video itu dirilis dengan tujuan membongkar 'kebohongan' AS.

Presiden AS Donald Trump sebelumnya menyebut kapal militer AS, USS Boxer, telah menembak jatuh sebuah drone Iran di perairan dekat Selat Hormuz. Ditegaskan Trump bahwa USS Boxer mengambil 'tindakan defensif' terhadap drone Iran, yang disebutnya, 'mengancam keselamatan kapal dan awak kapal (militer AS)'.

Dalam pernyataannya, Trump menyebut drone Iran 'dihancurkan dengan segera' setelah terbang dalam jarak 914 meter dari kapal militer AS dan mengabaikan beberapa kali peringatan untuk menjauh. Pentagon menyebut insiden itu terjadi Kamis (18/7) pagi sekitar pukul 10.00 waktu setempat (05.30 GMT) di perairan internasional, saat USS Boxer transit di perairan dekat Teluk Persia.


IRGC dalam tanggapannya menegaskan bahwa drone Iran berhasil mengirimkan gambar-gambar kapal militer AS yang direkam pada waktu sebelum dan setelah AS mengklaim telah menembak jatuh drone tersebut. IRGC menegaskan drone Iran kembali ke pangkalannya dengan selamat.

Disebutkan IRGC bahwa kapal militer AS saat itu dipantau 'secara menyeluruh dan terarah' oleh drone Iran selama tiga jam, mulai dari momen kapal militer AS masuk ke perairan Selat Hormuz. Disebutkan juga bahwa pangkalan drone IRGC saat itu tidak mendeteksi adanya 'aksi tidak lazim dan mengancam' dari personel militer AS yang ada di USS Boxer yang didampingi oleh lima kapal lainnya.

IRGC dalam pernyataannya menyebut klaim yang disampaikan AS adalah 'konyol'.

Rekaman video yang dirilis IRGC diklaim menunjukkan momen saat kapal militer AS berlayar di perairan Selat Hormuz. Video itu diklaim oleh televisi nasional Iran seperti dilansir media Inggris, BBC, direkam oleh drone yang sama yang dilaporkan telah ditembak jatuh.


Laporan BBC menyebut video yang dirilis Iran menampilkan gambar hitam-putih yang direkam dari udara atau tepatnya di atas kapal militer AS. Terdapat indikator waktu, tanggal dan koordinat geografis pada video tersebut.

IRGC yang merilis video itu, sebut BBC, mengklaim rekaman diambil 'sebelum dan bahkan setelah waktu Amerika mengklaim' telah menghancurkan drone Iran.

Namun menurut koresponden diplomatik BBC, Paul Adams, video dari Iran itu tidak terlalu meyakinkan. Disebutkan Adams bahwa sedikitnya beberapa gambar tampak direkam dari sebuah helikopter Iran yang saat itu juga ada di lokasi.

Menurut seorang reporter media terkemuka AS, Wall Street Journal, yang ada di atas USS Boxer saat insiden terjadi, sebuah helikopter Iran jenis Bell 212 mengudara dalam jarak hanya 'beberapa meter' dari kapal militer AS itu, sebelum diusir oleh helikopter militer AS.



Simak Juga 'Iran Klaim Tembak Jatuh Drone Mata-mata AS':

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed