detikNews
2019/07/19 20:38:16 WIB

Round-Up

Horor Kebakaran di Kyoto Animation

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Horor Kebakaran di Kyoto Animation Gedung yang menjadi studio Kyoto Animation ketika dilalap api (Foto: Reuters)
Tokyo - Gedung tiga lantai yang menjadi markas Studio Kyoto Animation dilalap api. Rupanya kebakaran itu sengaja dilakukan seseorang.

Peristiwa memilukan itu terjadi pada Kamis, 18 Juli 2019, waktu setempat. Puluhan orang tewas, setidaknya berdasarkan keterangan dari polisi seperti dilansir AFP, ada 33 orang yang menjadi korban jiwa atas kejadian itu.

Selain itu ada 36 orang mengalami luka, ada 10 orang di antara mereka yang lukanya cukup serius. Sedangkan, menurut laporan media-media lokal, setidaknya ada 70 orang di dalam gedung itu pada saat aksi pembakaran terjadi.




Horor Kebakaran di Kyoto AnimationFoto: Kyodo News via AP


Laporan kebakaran pertama kali diterima Departemen Pemadam Kebakaran setempat pada pukul 10.35 pagi waktu setempat. Para petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api sekaligus berupaya mengevakuasi korban. Beberapa jam setelahnya api berhasil dijinakkan.

Televisi nasional Jepang, NHK, menyebutkan adanya seorang pria yang diduga menuangkan bensin di sekitar studio animasi tersebut. Pria itu berkata 'Mati kamu!' sebelum membakar bensin yang dituangkannya.

"Seorang pria menuangkan cairan dan membakarnya," tutur seorang juru bicara kepolisian prefektur Kyoto.

Siapa pria itu dan apa motifnya?

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com