detikNews
2019/07/18 20:03:53 WIB

Round-Up

Lontarkan Kalimat Rasis, Trump Diserang Luar Dalam

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Lontarkan Kalimat Rasis, Trump Diserang Luar Dalam Foto: Donald Trump (Getty Images)
Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump diserang luar dalam. Penyebabnya gegara komentar sarat rasis.

Trump dituding mengusung rasisme dan xenophobia setelah melontarkan cuitan yang menyuruh empat anggota Kongres pergi meninggalkan AS. Keempatnya adalah Alexandria Ocasio-Cortez, Ilhan Omar, Ayanna Pressley, dan Rashida Tlaib.

Seperti dilansir BBC Indonesia, Kamis (18/7/2019), Trump memang tidak secara eksplisit menyebut nama mereka, namun konteks cuitan Trump jelas mengaitkan keempat perempuan tersebut yang dikenal dengan sebutan 'The Squad'. Sebelum Trump melontarkan cuitan yang menyuruh empat anggota Kongres pergi meninggalkan AS, Ocasio-Cortez, Tlaib, dan Pressley bersaksi di hadapan komite DPR pada Jumat (12/07) mengenai kondisi di pusat tahanan migran yang mereka kunjungi.


Trump membela tindakan para petugas perbatasan dan mengatakan kondisi di pusat tahanan migran 'punya penilaian bagus'. Selanjutnya, Trump melontarkan cuitannya terkait anggota Kongres.

Lebih jauh, pemerintahannya mengumumkan aturan baru yang berlaku pada 16 Juli. Aturan ini melarang pemberian suaka kepada siapapun yang melintasi perbatasan di bagian selatan tanpa terlebih dulu mengajukan perlindungan di 'setidaknya sepertiga dari seluruh negara' yang mereka lewati menuju AS.

"Jika Anda tidak senang, jika Anda mengeluh terus, Anda bisa pergi," ujar Trump dalam jumpa pers di luar Gedung Putih.

Namun, setelah itu, Trump mencuit: "Saya tidak punya tulang rasis dalam tubuh saya!"

Sontak cuitan tersebut mendulang reaksi keras, termasuk dari kubu partai pendukung Trump.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com