detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 19:58 WIB

Sembunyikan Kokain Rp 462 Juta di Balik Wig, Pria Kolombia Ditangkap

Novi Christiastuti - detikNews
Sembunyikan Kokain Rp 462 Juta di Balik Wig, Pria Kolombia Ditangkap Pria Kolombia ditangkap setelah kedapatan menyembunyikan kokain di dalam wig (AFP Photo/HO)
Madrid - Kepolisian Spanyol menangkap seorang pria yang kedapatan menyembunyikan kokain di balik wig atau rambut palsu yang dipakainya. Pria yang berasal dari Kolombia ini ditangkap di bandara Barcelona.

Seperti dilansir AFP, Selasa (16/7/2019), Kepolisian Spanyol dalam pernyataannya menyebut pria asal Kolombia ini ditangkap karena menarik perhatian petugas keamanan di Bandara El Prat, Barcelona. Dia tampak 'luar biasa gugup' dan wig yang dipakainya terlihat aneh.

"Ukurannya (wig) tidak proporsional," sebut Kepolisian Spanyol dalam pernyataannya.


Hasil interogasi dan pemeriksaan lebih lanjut terhadap pria itu berujung temuan paket kokain seberat lebih dari setengah kilogram. Identitas pria ini tidak disebut lebih lanjut.

"Ditemukan sebuah paket yang disegel secara sempurna yang direkatkan ke kepalanya," demikian pernyataan Kepolisian Spanyol.

Paket kokain yang ditemukan itu dilaporkan mencapai 503 gram dan ditaksir bernilai lebih dari 30 ribu Euro (Rp 462 juta) di pasar gelap.

Pria Kolombia ditangkap setelah kedapatan menyembunyikan kokain di dalam wig Pria Kolombia ditangkap setelah kedapatan menyembunyikan kokain di dalam wig Foto: AFP Photo/HO

Dalam operasi kepolisian setempat yang bernama 'Operation Toupee', pria Kolombia itu ditangkap di Bandara El Prat yang merupakan bandara tersibuk kedua di Spanyol. Pria itu diketahui tiba di Spanyol dari Bogota, Kolombia, sejak akhir Juni lalu.

Diketahui bahwa Spanyol menjadi jalur penting bagi peredaran kokain di Eropa, khususnya yang datang dari Kolombia. Keterkaitan sejarah dan bahasa dengan Amerika Selatan menjadikan Spanyol sebagai pintu masuk pasar narkoba Eropa.

Para sindikat penyelundup narkoba seringkali mengembangkan metode kreatif demi membawa narkoba-narkoba melewati pemeriksaan otoritas Spanyol.


Dalam beberapa tahun terakhir, polisi menemukan paket kokain yang disembunyikan di dalam implan payudara, di dalam buah nanas yang dilubangi dalamnya, di dalam bantal kursi roda, di dalam gips seorang pria yang patah tulang hingga di dalam satu set perlengkapan tembikar.



Simak Video "Mengenal Paella, Masakan Spanyol Berbahan Beras Bomba"
[Gambas:Video 20detik]

(nvc/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed