detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 15:57 WIB

Mata Tertancap Kail, Ikan Pari Manta Terekam Kamera Minta Bantuan Penyelam

Novi Christiastuti - detikNews
Mata Tertancap Kail, Ikan Pari Manta Terekam Kamera Minta Bantuan Penyelam Momen saat seekor pari manta meminta bantuan penyelam untuk melepas kail pancing di bawah matanya (Seadog TV & Film Productions via Channel News Asia)
Perth - Seekor ikan pari manta berukuran besar dengan sejumlah kail pancing menancap di bawah matanya, terekam kamera meminta tolong dua penyelam untuk membantunya melepaskan kail pancing itu. Manta ini menunggu dengan sabar saat penyelam-penyelam itu berupaya mencopot kail pancing tersebut.

Seperti dilansir AFP, Selasa (16/7/2019), video yang menunjukkan momen ini diposting melalui akun Facebook milik Seadog TV & Film Productions. Video itu menunjukkan seorang fotografer bawah laut bernama Jake Wilton sedang menyelam di perairan pantai barat Australia saat seekor manta dengan lebar tiga meter datang mendekatinya.

"Saya kerap memandu para perenang snorkel di area ini dan seolah-olah manta itu mengenali saya dan mempercayai saya untuk membantunya," tutur Wilton menceritakan momen itu.


"Manta itu mendekat dan semakin dekat dan kemudian mulai membentangkan badannya untuk menunjukkan bagian matanya kepada saya," imbuhnya.

Rekaman video menunjukkan momen saat Wilton berulang kali menyelam ke bawah, mendekati manta itu dan berupaya mencopot kail pancing yang menancap di bagian bawah mata si manta. Selama Wilton membantunya, manta ini tetap tenang.

Manta bernama Freckles ini tampak tenang saat penyelam Jake Wilton berupaya melepas kail pancing yang menancap di bawah matanyaManta bernama Freckles ini tampak tenang saat penyelam Jake Wilton berupaya melepas kail pancing yang menancap di bawah matanya Foto: Jake Wilton via BBC

Manta ini baru bergerak dan berenang menjauh setelah kail pancing terakhir berhasil dicopot oleh Wilton.

"Manta itu tidak bergerak. Saya yakin bahwa manta itu tahu bahwa Jake (Wilton-red) berupaya melepaskan kail itu," kata pakar biologi kelautan, Monty Hall, yang saat itu juga menyelam bersama Wilton.

Laporan media Inggris, BBC, menyebut manta tersebut diberi nama 'Freckles' karena pola bintik-bintik unik pada bagian perutnya. Freckles yang merupakan manta betina ini diperkirakan berusia 30 tahun, sehingga dikategorikan sudah lanjut usia untuk seekor manta.


Wilton menduga bahwa Freckles mungkin sedang menyisir dasar lautan untuk mencari plankton saat sejumlah kail pancing menancap di bawah matanya.

Pari manta dianggap sebagai salah satu mahkluk bawah laut paling cerdas. Banyak manta ditemukan di perairan pantai barat Australia. Manta diketahui sebagai spesies ikan pari terbesar di dunia. Manta bisa tumbuh hingga panjang bentangan tubuhnya, jarak antara dua siripnya, mencapai tujuh meter dan bisa hidup selama 50 tahun. Seekor pari manta tidak memiliki duri tajam seperti ikan pari lainnya dan tidak berbahaya bagi manusia.



Simak Video "Geger Ikan Pari Raksasa di Sungai Ogan Komering Ilir Sumsel"
[Gambas:Video 20detik]

(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com