detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 13:27 WIB

Ledakan Dahsyat Guncang Rumah di California, 1 Orang Tewas dan 15 Luka

Novi Christiastuti - detikNews
Ledakan Dahsyat Guncang Rumah di California, 1 Orang Tewas dan 15 Luka Kondisi rumah di California, AS, usai dilanda ledakan (Andrew Foulk via AP)
California - Sebuah rumah di wilayah California, Amerika Serikat (AS) diguncang ledakan dahsyat. Sedikitnya satu orang tewas dan 15 orang lainnya luka-luka akibat ledakan ini.

Seperti dilansir CNN, Selasa (16/7/2019), ledakan ini terjadi pada Senin (15/7) sore waktu setempat saat para pegawai dari Southern California Gas (SoCalGas) sedang memperbaiki salah satu pipa gas yang rusak di salah satu rumah yang ada di wilayah Murrieta, California.

Pipa gas itu dilaporkan rusak oleh kontraktor yang sedang mengerjakan proyek konstruksi di rumah tersebut. Ledakan terjadi sekitar satu jam setelah pegawai dari SoCalGas tiba di rumah tersebut.


Para petugas pemadam kebakaran telah bersiaga di lokasi saat ledakan terjadi. Nahas, mereka ikut menjadi korban luka akibat ledakan ini.

Satu korban tewas dalam ledakan ini dikonfirmasi sebagai seorang pegawai SoCalGas. Identitasnya tidak disebut lebih lanjut.

Kondisi rumah di California, AS, usai dilanda ledakanKondisi rumah di California, AS, usai dilanda ledakan Foto: CBS-LA via AP

Sekitar 15 orang lainnya, yang kebanyakan merupakan petugas pemadam kebakaran, mengalami luka-luka dan kini tengah menjalani perawatan medis.

"Kami merasakan kesedihan mendalam setelah mengetahui insiden hari ini yang merenggut nyawa salah satu pegawai kami, melukai para pemadam kebakaran dan berdampak pada orang lain," demikian pernyataan SoCalGas.

"Fokus kami sekarang adalah bekerja dengan tim cepat tanggap untuk membuat area sekitarnya aman, dan mendukung semua pihak yang terlibat. Kami akan terus melanjutkan upaya bersama tim cepat tanggap untuk menemukan penyebab insiden itu," sebut pernyataan itu.


"Simpati dan pikiran kami ada bersama individu-individu dan keluarga yang terdampak," imbuh pernyataan SoCalGas.

Wakil Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamat Murrieta, David Lantzen, tidak menjelaskan lebih lanjut soal kondisi para personel pemadam kebakaran yang mengalami luka-luka.

Area di sekitar rumah yang diguncang ledakan, ditutup sementara untuk umum. Kepolisian Murrieta mengimbau warga setempat untuk menjauhi area tersebut sementara waktu. Murrieta diketahui berjarak 112 kilometer sebelah utara San Diego, California.




Simak Video "Setelah Tiga Tahun Renovasi, Monumen Washington Kembali Dibuka"
[Gambas:Video 20detik]

(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com