detikNews
Senin 15 Juli 2019, 09:36 WIB

Pesawat yang Mengangkut Turis Jatuh di Swedia, 9 Orang Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Pesawat yang Mengangkut Turis Jatuh di Swedia, 9 Orang Tewas Petugas mengevakuasi puing pesawat yang dibawa dengan kapal (Samuel PETTERSON/TT News Agency/AFP)
Stockholm - Sebuah pesawat kecil yang ditumpangi para turis terjatuh di wilayah Swedia bagian barat laut. Sedikitnya sembilan orang tewas dalam kecelakaan ini.

Seperti dilansir AFP, Senin (5/7/2019), kecelakaan ini terjadi pada Minggu (14/7) waktu setempat saat pesawat ini membawa para turis yang hendak terjun payung. Pesawat jenis GippsAero GA8 Airvan itu dilaporkan terjatuh sesaat setelah pukul 14.00 waktu setempat.

"Sembilan orang yang ada di dalam pesawat tewas," tutur juru bicara otoritas wilayah Vaesterbotten, Gabriella Bandling, kepada AFP.


Identitas para korban tewas tidak disebut lebih lanjut. Laporan media-media lokal menyebut pesawat terjatuh setelah lepas landas dari Bandara Umea yang terletak di wilayah Swedia bagian timur.

Video amatir yang diposting secara online oleh harian loka, Aftonbladet, menunjukkan pesawat jatuh ke bawah secara vertikal atau tegak lurus.

"Saya mendengar suara aneh, yang tidak terdengar wajar," tutur salah satu saksi bernama Peter Larsson kepada surat kabar lokal, Dagens Nyheter.

Petugas mengevakuasi puing pesawat yang dibawa dengan kapalPetugas mengevakuasi puing pesawat yang dibawa dengan kapal Foto: Samuel PETTERSON/TT News Agency/AFP

"Saya melihat ke atas dan melihat sebuah pesawat berputar seperti gasing. Awalnya saya pikir itu penerbangan akrobatik tapi kami dengan cepat menyadari ada sesuatu yang tidak beres," imbuhnya.

Puing-puing pesawat telah ditemukan di sebuah pulau yang ada di sebelah selatan wilayah Umea.

Belum diketahui pesawat penyebab jatuhnya pesawat ini.



Simak Video "Detik-detik Penumpang Pesawat Cessna Terbakar Selamatkan Diri"
[Gambas:Video 20detik]

(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com