detikNews
Selasa 09 Juli 2019, 16:43 WIB

Terseret Skandal Seks di Prancis, Kekebalan Diplomatik Utusan Vatikan Dicabut

Novi Christiastuti - detikNews
Terseret Skandal Seks di Prancis, Kekebalan Diplomatik Utusan Vatikan Dicabut Ilustrasi (BBC Magazine)
Paris - Vatikan mencabut kekebalan diplomatik yang dimiliki seorang diplomatnya di Prancis. Diplomat Vatikan bernama Luigi Ventura ini sedang diselidiki atas tuduhan pelecehan seksual terhadap sejumlah pria.

Ventura (74) diketahui menjabat sebagai Utusan Paus Fransiskus untuk Prancis atau Apostolic Nuncio untuk Prancis sejak tahun 2009. Jabatan ini memberikannya kekebalan diplomatik. Ventura sendiri juga merupakan seorang Uskup Agung.

Seperti dilansir AFP, Selasa (9/7/2019), Ventura kini tengah menghadapi empat tuduhan pelecehan seksual, termasuk salah satunya tuduhan melecehkan seorang staf junior di Balai Kota Paris pada Januari lalu. Jaksa Prancis pada 7 Maret lalu, mengirim surat untuk meminta Vatikan mencabut kekebalan diplomatik Ventura.


Dalam pernyataan pada pekan ini, Kementerian Luar Negeri Prancis mengumumkan bahwa kekebalan diplomatik Ventura telah dicabut. Hal ini didasarkan atas surat balasan tertanggal 2 Juli dari Vatikan kepada otoritas Prancis yang diterima akhir pekan lalu.

"Telah menerima konfirmasi dari Takhta Suci bahwa pihaknya telah mencabut kekebalannya (Ventura)," sebut juru bicara Kementerian Luar Negeri Prancis.

Pada Februari lalu, jaksa-jaksa Prancis mengungkapkan bahwa pihaknya sedang menyelidiki seorang uskup kelahiran Italia atas sebuah insiden yang terjadi di Balai Kota Paris saat Wali Kota Paris Anne Hidalgo menyampaikan pidato tahun baru di hadapan para diplomat, pemimpin keagamaan dan tokoh masyarakat.

Saat pidato disampaikan, seorang staf Balai Kota Paris merasakan tubuh bagian belakangnya diraba beberapa kali. Pihak Balai Kota Paris lantas mengajukan laporan ke pihak berwenang pada 24 Januari lalu dan penyelidikan diluncurkan keesokan harinya.


Sejak penyelidikan dilakukan, dua orang lainnya muncul dan melaporkan insiden serupa, yang melibatkan 'gerak-gerik serupa, tangan di bokong atau paha'. Dua orang ini mengklaim insiden itu terjadi tahun 2018 lalu.

Sebuah laporan terpisah juga diajukan di Ottawa, Kanada oleh seorang pria yang melontarkan tuduhan serupa yang terjadi tahun 2008 saat Ventura masih ditugaskan di Kanada.

Diketahui bahwa sebelum bertugas di Prancis, Ventura pernah ditugaskan ke Brasil, Bolovia dan Inggris. Dia juga pernah menjadi Utusan Vatikan di Pantai Gading, Burkina Faso dan Niger, Chile, lalu Kanada.



Simak Juga 'Paus Fransiskus Usut Skandal Seks dan Korupsi di Vatikan':

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com