detikNews
Senin 08 Juli 2019, 15:59 WIB

Bom Era Perang Dunia II Dijinakkan, Ribuan Warga Jerman Dievakuasi

Novi Christiastuti - detikNews
Bom Era Perang Dunia II Dijinakkan, Ribuan Warga Jerman Dievakuasi Bom bekas PD II ditemukan di Frankfurt, Jerman (Boris Roessler/dpa/AFP)
Frankfurt - Sebuah bom bekas Perang Dunia II (PD II) yang belum meledak ditemukan di dekat kantor utama Bank Sentral Eropa di Frankfurt, Jerman. Temuan bom era perang ini pun memicu evakuasi besar-besaran terhadap ribuan orang di wilayah tersebut.

Seperti dilansir AFP, Senin (8/7/2019), bom bekas PD II yang ditemukan di Frankfurt pada Minggu (7/7) waktu setempat itu dilaporkan memiliki berat 500 kilogram.

Orang-orang yang ada di dalam gedung kaca bertingkat yang menjadi kantor Bank Sentral Eropa (ECB), dekat lokasi temuan bom PD II, dievakuasi. Area-area permukiman yang berjarak 1 kilometer dari lokasi temuan dan menjadi tempat tinggal sekitar 16 ribu warga, juga ikut dievakuasi.


Dalam pernyataan via Twitter, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Frankfurt, menyatakan pada Minggu (7/7) sore waktu setempat bahwa bom bekas PD II yang belum meledak ini berhasil dijinakkan oleh tim penjinak bom yang dikerahkan ke lokasi.

"Kami melakukannya! Bom Perang Dunia II di wilayah Ostend telah dijinakkan oleh tim penjinak bom," sebut Dinas Pemadam Kebakaran Kota Frankfurt dalam pernyataan via Twitter. "Pemblokiran jalan dan pemberlakuan zona evakuasi telah dicabut," imbuh pernyataan itu.

Sebelum upaya penjinakan dilakukan, kepolisian menyisir area di sekitar temuan bom bekas PD II itu untuk mencari orang-orang yang belum mengungsi. Truk-truk dengan pengeras suara bahkan dikerahkan ke jalanan untuk mendorong warga-warga setempat meninggalkan rumah mereka dan mengungsi ke tempat lebih aman.

"Sebenarnya cukup menyenangkan untuk bertemu orang-orang di area ini, karena saat Anda tinggal di apartemen, Anda tidak selalu mengenal semua orang," ucap salah satu warga setempat yang mengungsi, Carmel McKernan, kepada AFP. McKernan mengungsi di kamp pengungsian yang didirikan di sebuah kebun binatang di Frankfurt. Banyak warga lanjut usia dan orang-orang lainnya yang mengungsi di kamp tersebut.

Warga Jerman mengungsi saat bom bekas PD II dijinakkanWarga Jerman mengungsi saat bom bekas PD II dijinakkan Foto: Boris Roessler/dpa/AFP

"Ini diatur dengan baik, saya pikir, bahkan meskipun pengumuman dengan pengeras suara di jalanan terkesan sedikit ala militer," ujar warga lainnya bernama Andreas Mueller.

Bom bekas PD II yang merupakan peninggalan militer AS itu sebenarnya ditemukan sejak 25 Juni lalu, saat digelar proyek konstruksi di kawasan pusat perbankan Jerman tersebut. Bom seberat 500 kg itu ditemukan bersama dua detonatornya. Hasil pemeriksaan tim pembersihan bom menyatakan bom bekas PD II itu tidak memberikan ancaman bahaya bagi masyarakat. Kemudian dijadwalkanlah operasi penjinakan bom pada Minggu (7/7) waktu setempat.

Sebagai antisipasi, otoritas setempat memberlakukan zona evakuasi dengan radius 1 kilometer dari lokasi temuan bom bekas PD II itu. Hal ini sempat mempengaruhi layanan kereta api di Frankfurt.

Untuk kompensasi, setiap warga yang terkena dampak dari operasi penjinakan bom bekas PD II ini diperbolehkan masuk secara gratis ke dalam museum setempat.


Diketahui bahwa nyaris 75 tahun setelah PD II berakhir, wilayah Jerman masih dipenuhi banyak bom dan artileri sisa perang yang belum meledak. Para pakar menyebut sedikitnya 10 persen dari jutaan bom yang dijatuhkan di Jerman pada era perang beberapa dekade lalu tidak meledak.

Simak Video "Pelaku Penembakan di Jerman Siarkan Aksinya via Livestreaming"
[Gambas:Video 20detik]

(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com