detikNews
Minggu 07 Juli 2019, 02:23 WIB

ISIS Serang Masjid Syiah di Afghanistan, Dua Orang Tewas

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
ISIS Serang Masjid Syiah di Afghanistan, Dua Orang Tewas Ilustrasi tentara Afghanistan berjaga (Foto: REUTERS/Omar Sobhani)
Ghazni - Teror bom terjadi di sebuah masjid di Ghazni, Afghanistan Tengah. Setidaknya dua orang tewas dan 20 lainnya luka-luka dalam serangan tersebut.

Dilansir Reuters, Sabtu (6/7/2019), bom yang ditanam di dalam Masjid Mohammadiya, masjid yang digunakan oleh muslim Syiah, itu meledak kemarin malam, Jumat (5/7). Petempur Negara Islam (IS) atau ISIS kemudian mengaku bertanggung jawab atas serangan mematikan tersebut.

ISIS memang sering menargetkan minoritas Syiah Afghanistan yang disebutnya 'murtad'. Kelompok militan itu mengklaim 40 orang terluka dalam ledakan itu.



Baru-baru ini terjadi bentrokan hebat di Ghazni antara pasukan pemerintah dan gerilyawan Taliban. Ketika perang Afghanistan sebagian besar terjadi di kalangan Muslim Sunni, ada peningkatan jumlah serangan terhadap target Syiah dalam beberapa tahun terakhir.

IS sendiri kerap mengklaim bertanggung jawab atas serangan terhadap sipil bahkan ketika pembicaraan untuk perdamaian antara pejabat AS dan Taliban untuk mengakhiri perang Afghanistan semakin intensif.

Tidak ada informasi sensus yang dapat diandalkan tentang jumlah komunitas Syiah di Afghanistan. Namun, diperkirakan komunitas Syiah di Afghanistan berkisar antara 10-15 persen, termasuk sebagian besar anggota kelompok etnis Hazara yang berbahasa Persia dan beberapa orang Tajik.



Simak Video "Serangan Taliban di Kampanye Pilpres Tewaskan 46 Orang"
[Gambas:Video 20detik]

(mae/lir)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com