detikNews
Sabtu 06 Juli 2019, 04:20 WIB

Iran Desak Inggris Segera Bebaskan Kapal Tankernya

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Iran Desak Inggris Segera Bebaskan Kapal Tankernya Foto: BBC World
Teheran - Iran menuntut agar Inggris segera membebaskan kapal tanker minyak yang ditahan di Gibraltar. Iran mengancam akan balik menyita kapal tanker Inggris jika tuntutannya tidak dipenuhi.

"Jika Inggris tidak melepaskan tanker minyak Iran, otoritas terkait akan berkewajiban untuk mengambil tindakan timbal balik dan menyita tanker minyak Inggris," kata Sekretaris Dewan Iran Mohsen Rezai seperti dilansir AFP, Sabtu (6/7/2019).

Sementara itu, pejabat senior Kementerian Luar Negeri Iran menyebut tindakan Inggris tidak dapat diterima. Iran juga telah bertemu dengan Dubes Iran di Teheran, Rob Macaire.

Marinir Inggris sebelumnya membantu pihak berwenang di Gibraltar menyita kapal tersebut beserta kargonya pada Kamis (4/7) karena menemukan bukti kapal itu tengah menuju Suriah sehingga melanggar rangkaian sanksi Uni Eropa. Pelaksana tugas Menteri Luar Negeri Spanyol menyebut penyitaan kapal bernama Grace 1 itu dilakukan atas permintaan Amerika Serikat.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi, telah memanggil Dubes Inggris di Teheran, Robert Macaire, dipanggil terkait "penyitaan ilegal" kapal tanker. Mousavi menjelaskan penyitaan itu merupakan "bentuk pembajakan" yang tidak punya dasar hukum dan dalil internasional. Dia menyerukan agar kapal tanker itu segera dilepaskan guna melanjutkan pelayaran.



Simak Video "Dua Kapal Tanker Saudi Disabotase"
[Gambas:Video 20detik]

(fdu/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com