detikNews
Sabtu 06 Juli 2019, 02:45 WIB

Gempa M 6,4 Jadi yang Terbesar dalam Dua Dekade di California Selatan

Dwi Andayani - detikNews
Gempa M 6,4 Jadi yang Terbesar dalam Dua Dekade di California Selatan Foto: Dok. AP Photo
Jakarta - Gempa bermagnitudo 6,4 terjadi di California Selatan, Amerika Serikat (AS). Gempa ini disebut sebagai gempa terbesar yang mengguncang California Selatan dalam dua dekade.

Dilansir dari AFP, Jumat (5/7/2019) gempa yang terjadi menyebabkan kerusakan substansial pada fasilitas militer. Gempa ini juga mengakibatkan warga yang tinggal di daerah jarang penduduk mengalami luka ringan.

Gempa ini dikabarkan terasa hingga 160 mil yaitu hingga di Los Angeles. Selain itu gempa juga disebut menyebabkan ketakutan dalam masyarakat, hal ini dikarenakan getaran sepanjang patahan San Andreas dapat menghancurkan kota-kota besar di California Selatan.




Seismolog Institut Teknologi California, Lucy Jones mengatakan akan terjadi beberapa gempa susulan. Menurutnya, kekuatan gempa ini dapat mencapai 5 magnitudo.

"Daerah akan terus mengalami banyak gempa susulan, beberapa mungkin sekuat lima," kata Lucy Jones.

Menurut The Los Angeles Times, Gempa yang terjadi disebut sebagai gempa yang terbesar di California Selatan, sejak 1999. Dimana gempa pada 1999 ini terjadi dengan berkekuatan 7,1 melanda pangkalan Korps Twentynine Palms.



Jones mengatakan, terdapat kemungkinan bahwa gempa ini merupakan pendahuluan. Dimana nantinya dapat terjadi gempa yang lebih besar.

"Ada sekitar satu dalam 20 peluang bahwa lokasi ini akan mengalami gempa bumi yang lebih besar dalam beberapa hari ke depan, bahwa kita belum melihat gempa bumi terbesar dari urutannya," katanya.

"Ada ratusan gempa bumi hari ini," sambungnya.


Simak Video: California Diguncang Gempa Magnitudo 6,4

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "California Diguncang Gempa Lagi, Kali Ini Bermagnitudo 7,1"
[Gambas:Video 20detik]

(dwia/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed