detikNews
Jumat 05 Juli 2019, 14:46 WIB

Kursi Penumpang Terbakar, Virgin Atlantic Tujuan London Mendarat Darurat

Novi Christiastuti - detikNews
Kursi Penumpang Terbakar, Virgin Atlantic Tujuan London Mendarat Darurat Ilustrasi (Instagram/@virginatlantic)
Boston - Sebuah pesawat maskapai Virgin Atlantic yang terbang ke London, Inggris terpaksa mendarat darurat di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Penyebabnya, salah satu kursi penumpang tiba-tiba terbakar saat pesawat tengah mengudara.

Seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (5/7/2019), insiden ini terjadi terhadap sebuah pesawat yang terbang dari New York menuju London pada Kamis (4/7) waktu setempat. Pesawat jenis Airbus A330 ini membawa 217 penumpang saat insiden ini terjadi.

Menurut laporan media lokal CBS Boston yang mengutip Kepolisian Negara Bagian Massachusetts, sebuah battery pack untuk telepon genggam yang ditemukan di antara dua kursi diduga sebagai pemicu kebakaran tersebut.

Api yang membawa salah satu kursi penumpang dalam pesawat Virgin Atlantic dengan nomor penerbangan 138 itu berhasil dipadamkan dengan alat pemadam kebakaran oleh para awak pesawat.


Departemen Pemadam Kebakaran setempat mendapatkan laporan insiden ini pada Kamis (4/7) malam sekitar pukul 21.00 waktu setempat. Seluruh penumpang dan awak pesawat dievakuasi dengan aman dari pesawat usai pendaratan darurat dilakukan.

Pihak maskapai Virgin Atlantic menyatakan pihaknya berkomunikasi dengan para penumpang untuk 'memberikan akomodasi lokal atau untuk membooking ulang penerbangan alternatif ke tujuan akhir mereka'.

"Keselamatan dan keamanan para pelanggan dan awak kami selalu menjadi prioritas utama dan kami saat ini sedang menyelidiki untuk memahami situasi itu sepenuhnya," demikian pernyataan maskapai Virgin Atlantic seperti dikutip CBS Boston.

Virgin Atlantic menyampaikan permohonan maaf dalam suratnya kepada para penumpang. Dalam pernyataan itu, pihak Virgin Atlantic menyebut penerbangan harus dialihkan 'sebagai pencegahan'.


Salah satu penumpang yang bernama Sandeep Shantharam menyebut 'banyak kekacauan' di dalam kabin saat pesawat mendarat darurat. "Kami awalnya dijanjikan pesawat pengganti dan sekarang (maskapai) tidak yakin soal booking-an untuk penerbangan besok ... semua rencana liburan sudah lenyap bagi kebanyakan dari kami," sebutnya via Twitter.



Simak Video "Garuda Mendarat Darurat di Sri Lanka"
[Gambas:Video 20detik]

(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed