detikNews
Jumat 05 Juli 2019, 10:08 WIB

Arab Saudi Halau Serangan Drone Houthi ke Bandara Sipil di Jizan

Novi Christiastuti - detikNews
Arab Saudi Halau Serangan Drone Houthi ke Bandara Sipil di Jizan Ilustrasi (Dok. REUTERS/Murad Sezer)
Riyadh - Kelompok pemberontak Houthi di Yaman kembali melancarkan serangan drone (pesawat nirawak) ke wilayah Arab Saudi. Otoritas Saudi mengklaim berhasil menghalau sejumlah drone yang menargetkan sebuah bandara sipil di Saudi bagian selatan itu.

Disebutkan koalisi militer pimpinan Saudi dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP, Jumat (5/7/2019), bahwa serangan drone itu menargetkan Bandara Jizan pada Kamis (4/7) waktu setempat.

Dalam pernyataan yang dirilis via Saudi Press Agency (SPA), koalisi militer pimpinan Saudi tidak menyebut lebih lanjut soal kerusakan atau jatuhnya korban jiwa akibat serangan drone tersebut.


Pemberontak Houthi, dalam pernyataan terpisah yang dirilis Al-Masirah TV, sebelumnya mengklaim telah melancarkan serangan drone ke bandara-bandara yang ada di wilayah Jizan dan Abha, ibu kota Provinsi Asir. Koalisi pimpinan Saudi sama sekali tidak menyebut soal serangan ke Abha.

Diketahui bahwa pemberontak Houthi di Yaman terus meningkatkan serangan rudal dan drone lintas perbatasan ke wilayah Saudi dalam beberapa pekan terakhir. Sejak Maret 2015, Houthi menghadapi gempuran sengit dari koalisi pimpinan Saudi di Yaman.

Pada Selasa (2/7) lalu, serangan drone dari Houthi yang menargetkan Bandara Abha melukai sembilan warga sipil. Pada 12 Juni lalu, serangan rudal yang juga dari Houthi dan ditargetkan ke Abha melukai 26 warga sipil.


Kemudian pada 23 Juni lalu, serangan Houthi lainnya di Bandara Abha menewaskan satu warga Suriah dan melukai 21 warga sipil lainnya.

Serangan-serangan Houthi ini dilancarkan ke Saudi di tengah memanasnya ketegangan di kawasan Timur Tengah, usai Amerika Serikat (AS) menuduh Iran menembak jatuh drone militer AS yang mengudara di atas perairan internasional. Iran juga dituduh mendalangi serangan-serangan terhadap sejumlah kapal tanker di Teluk Oman.

Otoritas Saudi sendiri berulang kali menuduh Iran menyuplai persenjataan canggih kepada Houthi. Tuduhan itu telah dibantah oleh Iran.


Rudal Houthi Sasar Bandara di Arab Saudi, 26 Orang Terluka:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Kerajaan Buka Fasilitas Minyak Saudi Aramco ke Media"
[Gambas:Video 20detik]

(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com