detikNews
Kamis 04 Juli 2019, 14:50 WIB

Pertama Kali di Jepang, 2 Orang Akan Diadili karena Hendak Bergabung ISIS

Novi Christiastuti - detikNews
Pertama Kali di Jepang, 2 Orang Akan Diadili karena Hendak Bergabung ISIS Ilustrasi (BBC World)
Tokyo - Dua warga Jepang terancam diadili karena berupaya bergabung dengan kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Kasus semacam ini merupakan yang pertama muncul di Jepang.

Seperti dilansir AFP, Kamis (4/7/2019), identitas dua warga Jepang yang akan diadili ini tidak disebut lebih lanjut.

"Kepolisian Tokyo menyerahkan dua orang kepada jaksa setempat karena berencana pergi ke Suriah sebagai petempur kelompok antipemerintah," sebut juru bicara Kepolisian Jepang kepada AFP.


Ditambahkan juru bicara kepolisian setempat bahwa tiga orang lainnya juga diserahkan kepada jaksa, namun tidak disebut lebih lanjut dakwaan yang dijeratkan.

Dari lima orang yang diserahkan kepada jaksa setempat itu, sebut media lokal Jepang, salah satu di antaranya disebut sebagai seorang mantan mahasiswa berusia 31 tahun yang berencana pergi ke Suriah tahun 2014.

Saat ditanyai polisi, pria 31 tahun itu mengakui dirinya ingin bergabung dengan ISIS untuk menjadi salah satu petempurnya.


Dua orang lainnya disebut sebagai jurnalis veteran bernama Kosuke Tsuneoka dan seorang akademisi hukum syariat Islam bernama Ko Nakata. Awal tahun ini, pemerintah Jepang memerintahkan Tsuneoka untuk menyerahkan paspornya saat dia bersiap terbang ke Yaman.

Langkah tersebut diambil di tengah perdebatan yang muncul di Jepang soal apakah wartawan harus dicegah pergi ke zona perang, setelah penangkapan seorang reporter Jepang di Suriah tahun lalu.



Simak Video "2 Warga Tewas Akibat Banjir dan Longsor di Jepang"
[Gambas:Video 20detik]

(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com