detikNews
Selasa 02 Juli 2019, 16:40 WIB

Tagar #UnwantedIvanka Jadi Sindiran Momen Kikuk Ivanka Trump di KTT G20

Novi Christiastuti - detikNews
Tagar #UnwantedIvanka Jadi Sindiran Momen Kikuk Ivanka Trump di KTT G20 Ivanka Trump saat mendampingi Trump dalam KTT G20 di Osaka, Jepang (REUTERS/Kevin Lamarque)
Washington DC - Peran Ivanka Trump yang setia mendampingi ayahnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, dalam KTT G20 di Jepang dan kunjungan ke Korea Selatan (Korsel) menuai pertanyaan. Para pengguna media sosial Twitter mengkritik kehadiran Ivanka di antara pemimpin-pemimpin dunia dengan menggunakan tagar #UnwantedIvanka.

Seperti dilansir AFP, Selasa (2/7/2019), diketahui bahwa Ivanka memiliki kapasitas resmi sebagai penasihat Presiden AS dan dia diketahui selalu hadir di Gedung Putih. Publik AS sudah terbiasa melihat Ivanka dalam rapat kabinet atau seremoni di Ruang Oval Gedung Putih.

Namun kehadiran Ivanka tampaknya kurang bisa diterima saat dia terlihat terus tampil selama pelaksanaan KTT G20 di Osaka, Jepang pekan lalu. Juga saat Trump melakukan kunjungan bersejarah ke Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan Korsel dengan Korea Utara (Korut) pada Minggu (30/6) lalu.


Ivanka dan suaminya, Jared Kushner, masuk dalam rombongan Presiden AS selama di Osaka, saat Trump membahas isu-isu diplomatik sulit dengan pemimpin-pemimpin dunia lainnya. Wanita berusia 37 tahun ini juga ada di sebelah Trump saat dia mengunjungi DMZ dalam pertemuan impromptu dengan pemimpin Korut, Kim Jong-Un.

Sebuah rekaman video dari sela-sela G20 di Osaka menunjukkan momen kikuk antara Ivanka dengan para pemimpin dunia. Video itu menunjukkan Perdana Menteri (PM) Inggris Theresa May, Kepala Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan PM Kanada Justin Trudeau yang sedang serius membahas isu-isu kebijakan, saat Ivanka datang mendekat.

Ivanka tampak berusaha untuk membaur dalam percakapan itu, namun kehadirannya terlihat diabaikan oleh Lagarde yang tampak mengerutkan dahi.

Ivanka Trump saat mendampingi Trump dalam KTT G20 di Osaka, JepangIvanka Trump saat mendampingi Trump dalam KTT G20 di Osaka, Jepang Foto: REUTERS/Kevin Lamarque

Salah satu pengkritik tajam keluarga Trump, anggota parlemen AS dari Partai Demokrat, Alexandria Ocasio-Cortez, melontarkan kritikan pedas. "Ini mungkin mengejutkan untuk beberapa pihak, tapi menjadi anak seseorang sebenarnya bukanlah kualifikasi karier," cetus Ocasio-Cortez yang biasa dipanggil ACO dalam komentarnya via Twitter.

Faktanya, Ivanka dan Kushner kerap bepergian bersama Trump. Bahkan Trump sejak lama diketahui selalu mempercayai nasihat-nasihat dari putri dan menantunya itu. Kushner sendiri memiliki tugas penting sebagai penasihat kepresidenan, yang salah satunya mengembangkan rencana penyelesaian konflik Israel-Palestina.

Namun tetap saja, kehadiran Ivanka menuai kritikan publik. Pengguna Twitter menggaungkan tagar #UnwantedIvanka yang menampilkan foto-foto Ivanka yang diedit sedemikian rupa hingga tampak 'hadir' dalam berbagai situasi bersejarah.


Salah satu postingan Twitter menunjukkan momen saat Ivanka menghadiri konferensi Perang Dunia II di Yalta dengan mendiang Presiden AS Franklin D Roosevelt, mendiang Perdana Menteri Inggris Winston Churchill dan mendiang pemimpin Uni Soviet Joseph Stalin.




Foto editan lainnya menunjukkan Ivanka muncul di tengah adegan ikonik pemimpin hak sipil, Martin Luther King Jr, saat berpidato di hadapan kerumunan orang di National Mall, Washington DC.




Beberapa postingan lainnya menunjukkan Ivanka ada di dalam Situation Room Gedung Putih bersama mantan Presiden AS Barack Obama, bahkan Ivanka juga muncul dalam foto pendaratan manusia di Bulan.






Simak Video "Trump Batalkan Perjanjian Damai dengan Afghanistan"
[Gambas:Video 20detik]

(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com