detikNews
Selasa 02 Juli 2019, 12:07 WIB

Putin Bawa Mug Sendiri Saat Jamuan Makan KTT G20, Ini Alasannya

Novi Christiastuti - detikNews
Putin Bawa Mug Sendiri Saat Jamuan Makan KTT G20, Ini Alasannya Vladimir Putin saat menghadiri KTT G20 di Jepang (Brendan Smialowski/AFP)
Tokyo - Presiden Rusia, Vladimir Putin, diketahui membawa sendiri mug atau gelas saat menghadiri jamuan makan malam saat pertemuan puncak (KTT) G20 di Osaka, Jepang. Hal ini memicu spekulasi di media sosial (medsos) bahwa pemimpin Rusia itu menderita paranoia.

Seperti dilansir AFP, Selasa (2/7/2019), sejumlah video menunjukkan momen saat Putin, yang berkuasa di Rusia selama nyaris 20 tahun, minum dari sebuah mug termos warna putih, sementara para pemimpin lainnya minum dari gelas wine biasa.

Pada momen lainnya, Putin terlihat bersulang dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. Putin terlihat menggunakan mug yang dibawanya, sedangkan Trump terlihat minum cairan warna gelap yang diyakini cola dari gelas wine.


Juru bicara Putin, Dmitry Peskov, telah memberikan penjelasan soal hal ini kepada kantor berita Rusia, RIA Novosti.

"Ini karena dia (Putin-red) selalu minum teh dari termos itu," sebut Peskov dalam penjelasannya.

Namun tetap saja, kebiasaan Putin membawa mug atau cangkir sendiri saat menghadiri acara internasional memicu berbagai spekulasi dan anggapan miring. Salah satunya spekulasi yang beredar online bahwa pemimpin Rusia berusia 66 tahun itu tidak mempercayai siapa pun.

"Jika Anda melihat apa yang saya lihat, Anda akan membawa cangkir Anda sendiri juga," bunyi komentar akun parodi Putin, @DarthPutinKGB, via Twitter.


Mug yang dibawa Putin ke KTT G20 mirip dengan mug yang dipakainya saat menghadiri konferensi pers tahunan yang berlangsung berjam-jam di Rusia beberapa waktu lalu. Mug warna putih itu terlihat memiliki gambar elang berkepala dua yang merupakan simbol nasional Rusia.


Simak Juga "Kaesang Ngadu soal Jokowi di G20, Netizen Tanggapi dengan Meme Kocak":

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Ultah ke-67, Presiden Putin Mendaki Gunung dan Petik Jamur"
[Gambas:Video 20detik]

(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com