detikNews
Senin 01 Juli 2019, 18:32 WIB

Hujan Deras Picu Longsor di Jepang, 831 Ribu Orang Diminta Mengungsi

Novi Christiastuti - detikNews
Hujan Deras Picu Longsor di Jepang, 831 Ribu Orang Diminta Mengungsi Ilustrasi (Thinkstock)
Tokyo - Hujan deras yang mengguyur pulau Kyushu di Jepang bagian selatan memaksa dikeluarkannya perintah evakuasi untuk lebih dari 800 ribu orang. Hujan deras itu dilaporkan memicu tanah longsor dan penutupan ruas jalanan utama.

Seperti dilansir Reuters, Senin (1/7/2019), seorang perempuan di Prefektur Kagoshima, Kyushu bagian selatan, dilaporkan tewas akibat tanah longsor. Identitas perempuan yang tewas tidak disebut lebih lanjut.


Laporan televisi nasional, NHK, melaporkan bahwa perintah evakuasi telah dikeluarkan untuk 388 ribu Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 831 ribu orang untuk wilayah Kagoshima dan tiga prefektur lainnya.

Perintah evakuasi lainnya juga dirilis untuk 6 ribu warga kota Ichikikushikino yang masih berada di wilayah Kagoshima.

Sebagian wilayah Satsumasendari, juga masih di Kyushu, dilaporkan mendapat curah hujan hingga 361,5 mm dalam 24 jam sejak Minggu (30/6) sore waktu setempat.


Angka ini melebihi curah hujan bulanan rata-rata sebesar 291,5 mm untuk bulan Juli seperti dicatat Badan Meteorologi Jepang (JMA).

JMA menyatakan bahwa curah hujan tambahan hingga 150 mm diperkirakan akan mengguyur Kyushu pada Senin (1/7) malam hingga Selasa (2/7) besok.




Simak Juga 'Gempa Besar Guncang Jepang':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "2 Warga Tewas Akibat Banjir dan Longsor di Jepang"
[Gambas:Video 20detik]

(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com