detikNews
Sabtu 29 Juni 2019, 12:29 WIB

Trump Puji-puji Putra Mahkota Arab Saudi di Sela-sela KTT G20

Rita Uli Hutapea - detikNews
Trump Puji-puji Putra Mahkota Arab Saudi di Sela-sela KTT G20 Presiden AS Donald Trump (Foto: AFP Photo/SAUL LOEB)
Osaka - Presiden Amerika Serikat Donald Trump memberikan pujian kepada Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS). Trump mengatakan bahwa MBS telah melakukan pekerjaan yang spektakuler.

Pujian ini disampaikan di tengah kecaman dunia internasional atas pembunuhan jurnalis kawakan Saudi, Jamal Khashoggi di kedutaan Saudi di Istanbul, Turki.

"Anda telah melakukan pekerjaan yang spektakuler," ujar Trump kepada MBS saat keduanya bertemu di sela-sela KTT G20 di Osaka, Jepang hari ini. Seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (29/6/2019), Trump bahkan menyebut MBS sebagai "teman saya".


Gedung Putih menyatakan bahwa "pentingnya masalah HAM" termasuk di antara isu-isu yang dibahas dalam pertemuan Trump dan MBS. Namun Gedung Putih tidak menjelaskan lebih detail.

Seperti diketahui, MBS tengah menghadapi tekanan internasional setelah Khashoggi tewas di dalam gedung konsulat Saudi di Istanbul tahun lalu. Laporan pakar PBB menyatakan bahwa "pembunuhan Khashoggi merupakan tanggung jawab pemerintah Arab Saudi, dan bahwa MBS pasti mengetahui adanya upaya-upaya untuk menutupi kejahatan itu, termasuk pembersihan forensik di konsulat Saudi.

Namun Trump tetap memuji-muji MBS yang telah menghapuskan sejumlah batasan-batasan sosial di kerajaan itu namun juga melakukan operasi penangkapan para aktivis.


"Suatu kehormatan bisa bersama Putra Mahkota Arab Saudi ... seorang pria yang benar-benar telah melakukan banyak hal dalam lima tahun terakhir dalam hal membuka Arab Saudi," kata Trump.

"Ini seperti revolusi dengan cara yang sangat positif," puji Trump.


Trump, Abe dan Modi Diskusi di KTT G-20, Bahas Apa? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


Trump Puji-puji Putra Mahkota Arab Saudi di Sela-sela KTT G20


Simak Video "Wow! Ada Crepes Sepanjang 1 Meter di Amerika "
[Gambas:Video 20detik]

(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed