detikNews
Jumat 28 Juni 2019, 18:24 WIB

Politisi Turki Terancam Dibui 17 Tahun karena Cuitan Menghina Erdogan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Politisi Turki Terancam Dibui 17 Tahun karena Cuitan Menghina Erdogan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto: REUTERS/Carlo Allegri)
Istanbul - Ratusan orang berkumpul di luar gedung pengadilan di kota Istanbul, Turki hari ini untuk menyuarakan dukungan pada seorang politisi oposisi, yang terancam dipenjara 17 tahun karena menulis serangkaian postingan di media sosial yang mengkritik pemerintah.

Canan Kaftancioglu yang memimpin partai sekuler, Partai Rakyat Republik (CHP) cabang Istanbul, dituduh menghina Presiden Recep Tayyip Erdogan dan negara Turki dalam cuitan-cuitannya di Twitter antara tahun 2012 dan 2017.

Seperti dilansir dari kantor berita AFP, Jumat (28/6/2019), para pendukung Kaftancioglu berkumpul di luar gedung pengadilan sembari membawa membawa tulisan "Kami haus keadilan".


Cuitan Kaftancioglu termasuk penghinaan yang ditujukan kepada Erdogan, dan kritikan atas kematian seorang bocah laki-laki berumur 14 tahun yang terkena granat gas air mata saat aksi protes massal "Gezi Park" pada tahun 2013. Perempuan itu juga dituduh atas "propaganda teroris" karena mengutip seorang anggota partai Kurdi, Kurdistan Worker's Party (PKK), yang telah dinyatakan sebagai organisasi terlarang. PKK telah melancarkan pemberontakan berdarah terhadap pemerintah Turki sejak tahun 1983.

"Persidangan ini, seperti yang diketahui semua orang, adalah persidangan politis," cetus seorang pengacara CHP di luar sidang.


Kaftancioglu merupakan figur penting dalam kampanye pemilihan Ekrem Imamoglu yang terpilih menjadi Wali Kota Istanbul -- yang kemenangannya pekan ini menandai kekalahan signifikan pertama bagi Erdogan sejak dirinya berkuasa pada tahun 2003.

Persidangan kasus Kaftancioglu hari ini diputuskan ditunda hingga 18 Juli mendatang.



Simak Video "Trump Ancam Matikan Ekonomi Turki Jika Warga Kurdi Dilenyapkan"
[Gambas:Video 20detik]

(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com