detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 18:07 WIB

Berdiri di Sebelah Presiden Jerman, Angela Merkel Kembali Kejang-kejang

Novi Christiastuti - detikNews
Berdiri di Sebelah Presiden Jerman, Angela Merkel Kembali Kejang-kejang Angela Merkel melipat kedua tangannya saat kembali kejang-kejang ketika berdiri di sebelah Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier (REUTERS/Reuters TV)
Berlin - Kanselir Jerman, Angela Merkel, kembali terlihat kejang-kejang di depan umum. Insiden yang terjadi saat sebuah seremoni di Berlin ini merupakan yang kedua dalam delapan hari terakhir.

Seperti dilansir BBC dan CNN, Kamis (27/6/2019), insiden ini terjadi saat Merkel (64) menghadiri sebuah acara dengan Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier di Berlin, pada Kamis (27/6) waktu setempat. Acara yang merupakan seremoni perpisahan untuk Menteri Kehakiman Katarina Barley itu diliput langsung oleh media.

Dalam momen yang terekam kamera wartawan, Merkel tampak melipat kedua lengannya saat tubuhnya kejang-kejang. Saat itu Merkel sedang berdiri di sebelah Presiden Steimeier yang sedang berbicara di mimbar.


Sekitar dua menit kemudian, Merkel terlihat lebih stabil dan bahkan berjabat tangan dengan Menteri Kehakiman yang baru, Christine Lambrecht.

Merkel yang diketahui tidak memiliki riwayat penyakit serius ini, sempat ditawari segelas air tapi dia tidak meminumnya.

Angela Merkel melipat kedua tangannya saat kembali kejang-kejang ketika berdiri di sebelah Presiden Jerman, Frank-Walter SteinmeierAngela Merkel melipat kedua tangannya saat kembali kejang-kejang ketika berdiri di sebelah Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier Foto: REUTERS/Reuters TV

Usai insiden ini, juru bicara Merkel, Steffem Seibert, menuturkan bahwa sang Kanselir Jerman itu 'baik-baik saja'. Bahkan sang juru bicara menyatakan Merkel akan terbang ke Jepang pada Kamis (27/6) siang waktu setempat, untuk menghadiri KTT G20.

"Semuanya berjalan sesuai rencana. Kanselir baik-baik saja," ucap Seibert.


Dalam insiden sebelumnya yang terjadi pada 18 Juni lalu, Merkel terlihat kejang-kejang saat berdiri di sebelah Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, yang sedang berkunjung ke Jerman. Saat itu, Merkel menyalahkan dehidrasi yang dialaminya di tengah suhu panas yang menyelimuti Berlin. Dalam konferensi pers usai insiden itu, Merkel menyatakan dirinya merasa lebih baik setelah minum air.

Kantor berita Jerman, DPA, melaporkan bahwa kondisi saat seremoni digelar di Bellevue Castle cenderung sejuk, meskipun suhu udara outdoor di Berlin sangat panas. Diketahui bahwa Jerman tengah dilanda gelombang panas yang memecahkan rekor, dengan suhu udara mencapai 38,6 derajat Celsius di beberapa wilayah.

Merkel sendiri telah menjabat Kanselir Jerman untuk periode keempat, sejak dia pertama menjabat pada November 2005. Dia sebelumnya telah menyatakan akan meninggalkan dunia politik saat masa jabatannya berakhir tahun 2021 mendatang. Saat ini, Merkel menjadi Kanselir Jerman pascaperang ketiga yang paling lama menjabat. Dua rekor lainnya dipegang Helmut Kohl yang menjabat selama lebih dari 16 tahun dan Konrad Adenauer selama lebih dari 14 tahun.


Sambut Presiden Ukraina, Kanselir Jerman Kejang-kejang:

[Gambas:Video 20detik]

Berdiri di Sebelah Presiden Jerman, Angela Merkel Kembali Kejang-kejang






Simak Video "Sambut Presiden Ukraina, Kanselir Jerman Kejang-kejang"
[Gambas:Video 20detik]

(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed