detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 16:34 WIB

Kasus Spionase di Rusia, Pria Polandia Divonis 14 Tahun Penjara

Novi Christiastuti - detikNews
Kasus Spionase di Rusia, Pria Polandia Divonis 14 Tahun Penjara Ilustrasi (Thinkstock)
Moskow - Pengadilan Rusia menyatakan seorang warga Polandia bersalah atas dakwaan spionase. Warga Polandia ini dijatuhi vonis 14 tahun penjara oleh pengadilan.

Disebutkan Dinas Keamanan Rusia, FSB, dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP, Rabu (26/6/2019), bahwa warga Polandia bernama Marian Radzajewski ini bersalah telah menyerahkan informasi militer termasuk 'rahasia-rahasia negara' dari Rusia ke Polandia.

Radzajewski juga didakwa berupaya mendapatkan 'komponen rahasia sistem pertahanan udara S-300 buatan Rusia'. FSB menyebut bahwa Radzajewski ditangkap 'saat berupaya menyelesaikan transaksi'.

"Penyelidikan mengonfirmasi bahwa Marian Radzajewski bertindak untuk kepentingan organisasi Polandia yang merupakan penyuplai terdepan untuk Angkatan Bersenjata Nasional dan Pasukan Khusus (Polandia)," demikian pernyataan FSB.


Dia divonis bersalah dalam persidangan yang digelar tertutup di Moskow pada Selasa (25/6) waktu setempat.

Pengacara Radzajewski, seperti dikutip kantor berita Interfax, menyatakan kliennya 'tidak setuju dengan dakwaan' yang dijeratkan dan berniat mengajukan banding atas vonis tersebut.

Laporan Interfax menyebut Radzajewski yang lahir tahun 1977 ini, pernah menjabat sebagai direktur sebuah perusahaan transportasi di Bialystok, sebuah kota di Polandia bagian timur laut.

Kasus spionase mengalami peningkatan di Rusia dalam beberapa tahun terakhir. Kebanyakan kasus spionase di Rusia berkaitan dengan Ukraina, namun kasus-kasus yang menyeret warga Polandia dan negara-negara Baltik juga cukup sering.


Pada April lalu, pengadilan Rusia menjatuhkan vonis 14 tahun penjara terhadap seorang pensiunan penjaga perbatasan Norwegia atas dakwaan spionase.



Simak Video "Rusia Berperang Hadapi Masalah Sampah"
[Gambas:Video 20detik]

(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed