detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 15:13 WIB

Gempa Bumi M 6,3 Guncang Perbatasan Kosta Rika dan Panama

Novi Christiastuti - detikNews
Gempa Bumi M 6,3 Guncang Perbatasan Kosta Rika dan Panama Ilustrasi (detikcom/Zainal Abidin)
San Jose - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,3 mengguncang wilayah perbatasan Kosta Rika dan Panama. Gempa ini tidak berpotensi tsunami, namun diperkirakan memicu 'kerusakan signifikan'.

Seperti dilansir AFP, Rabu (26/6/2019), Survei Geologi AS atau USGS mencatat pusat gempa ini ada di kedalaman 10 kilometer dari permukaan Bumi. Pusat gempa itu dilaporkan berada di titik berjarak sekitar 2 kilometer dari kota terdekat di Progreso, Panama.


Belum ada laporan soal korban jiwa maupun kerusakan akibat gempa yang mengguncang perbatasan Panama-Kosta Rika ini pada Selasa (25/6) tengah malam waktu setempat.

Namun para pakar seismologi AS menyebut bencana alam ini 'berpotensi menyebar luas'. Situs USGS menekankan bahwa 'peristiwa sebelumnya dengan level kewaspadaan yang sama membutuhkan respons tingkat regional atau nasional'.

"Diperkirakan kerugian ekonomi mencapai 0-4 persen PDB (Produk Domestik Bruto) Panama," sebut situs USGS dalam analisisnya.


Secara terpisah, Jaringan Seismologi Nasional (RSN) di Kosta Rika melaporkan bahwa gempa bumi ini mengguncang pada Selasa (25/6) malam, sekitar pukul 23.23 waktu setempat. Pusat gempa, menurut RSN, ada di titik berjarak 11 kilometer sebelah timur kota perbatasan Puerto Armuelles di Panama.

Getaran akibat gempa dirasakan hingga ibu kota San Jose, Kosta Rika dan banyak wilayah di negara tersebut. Sistem peringatan tsunami setempat menyatakan tidak ada risiko tsunami akibat gempa ini.

Diketahui bahwa pada November 2017, gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,5 yang mengguncang pantai Kosta Rika membuat gedung-gedung di San Jose bergoyang dan memicu dua korban jiwa yang terkena serangan jantung.


(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed