detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 03:30 WIB

Pilot Helikopter yang Jatuh di New York Sempat Minta Kembali ke Landasan

Indra Komara - detikNews
Pilot Helikopter yang Jatuh di New York Sempat Minta Kembali ke Landasan Lokasi kecelakaan helikopter New York. (Foto: AFP Photo/Johannes Eisele)
Jakarta - Pilot helikopter yang tewas dalam kecelakaan 10 Juni di New York, Amerika Serikat (AS) sempat meminta untuk kembali ke helipad. Pilot tewas setelah helikopter jatuh di sebuah bangunan di Manhattan, New York dan terletak di lokasi strategis, yakni dekat Times Square.

Mengutip Reuters, Selasa (25/6/2019), fakta itu terungkap setelah mendapat laporan dari Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB). NTSB menyebut, sebelum lepas landas, pilot sempat menunggu selama dua jam untuk memeriksa kondisi cuaca dari komputer tablet.

Laporan NTSB juga mengatakan, sebelum pilot menerbangkan helikopternya ke Linden, Bandara New Jersey, dia sempat melihat kondisi cuaca dari jendela selama 20 menit.



Helikopter tersebut kemudian terbang secara tak beraturan. Helikopter mengubah tujuan dan ketinggian selama beberapa kali sebelum jatuh.

Sebelumnya dilaporkan, helikopter tersebut sempat terbang selama 11 menit sebelum kecelakaan. Wali Kota New York City, Bill de Blaiso, mengatakan bangunan tempat kecelakaan helikopter tidak memiliki helipad. Ia menyebut, tidak semestinya helikopter melakukan pendaratan di kawasan gedung-gedung di Manhattan.

"Helikopter tidak mendarat di gedung-gedung di Manhattan selama beberapa dekade," katanya, dilansir CNN, Selasa (11/6).



Tonton video Helikopter Tabrak Atap Gedung di Manhattan:

[Gambas:Video 20detik]


(idn/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed