detikNews
Senin 24 Juni 2019, 16:37 WIB

Mengganggu Penerbangan Pesawat Inggris, Penumpang Wanita Ditangkap

Novi Christiastuti - detikNews
Mengganggu Penerbangan Pesawat Inggris, Penumpang Wanita Ditangkap Ilustrasi (File Photo/Pascal Pavani/AFP/Getty Images via CNN)
London - Sebuah pesawat maskapai Inggris, Jet2, terpaksa dikawal oleh dua jet tempur Angkatan Udara Inggris (RAF) gara-gara ada penumpang yang mengganggu penerbangan. Penumpang wanita itu langsung ditangkap begitu pesawat mendarat darurat di London.

Seperti dilansir CNN, Senin (24/6/2019), insiden ini terjadi saat pesawat maskapai Jet2, yang merupakan maskapai berbujet rendah di Inggris ini, sedang terbang dari Bandara Stansted, London menuju Dalaman, Turki pada Sabtu (22/6) waktu setempat.

Laporan menyebut ada satu 'penumpang yang luar biasa mengganggu' sesaat setelah pesawat lepas landas. Pesawat pun terpaksa terbang kembali ke London dengan dikawal dua jet RAF.

"Kami menyadari adanya sebuah insiden terkait seorang penumpang yang luar biasa mengganggu dalam sebuah penerbangan dari Stansted menuju Dalaman," demikian pernyataan juru bicara maskapai Jet2 kepada CNN.


"Pesawat terbang kembali dengan selamat dan kami berkomunikasi dengan otoritas terkait untuk mendukung penyelidikan mereka. Kami bekerja keras untuk memastikan para pelanggan mencapai tujuan mereka sesegera mungkin," imbuh pernyataan itu.

Otoritas Bandara Stansted menuturkan kepada CNN bahwa pesawat yang lepas landas pada Sabtu (22/6) petang waktu setempat ini, terpaksa terbang kembali ke London setelah baru 20 menit mengudara.

Seorang juru bicara Kepolisian Essex menuturkan bahwa seorang penumpang wanita berusia 25 tahun ditangkap setelah pesawat itu mendarat kembali. "Atas dugaan dua tindak penyerangan dan membahayakan pesawat," sebut juru bicara kepolisian soal alasan penangkapan wanita yang tidak disebut namanya itu.

Dalam pernyataan terpisah, Angkatan Laut Inggris mengonfirmasi kepada CNN bahwa dua jet tempur Typhoon dari pangkalan udara Conningsby di Lincolnshire dikerahkan untuk mengawal pesawat Jet2 itu kembali ke Bandara Stansted.


Kepolisian dari Bishoo's Stortford, kota dekat dengan bandara, menyebut ada banyak laporan warga setempat yang menyebut mereka mendengar suara mirip ledakan keras. "Kami telah berkomunikasi dengan Kepolisian Essex yang mengonfirmasi bahwa ini merupakan dentuman sonik dari pesawat yang melintas," sebut kepolisian dalam pernyataannya.

Dentuman sonik yang mirip dengan suara ledakan atau petir, biasa terjadi ketika objek seperti pesawat supersonik bergerak lebih cepat dari kecepatan suara.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com